Tiket Kereta Api Tambahan Dijual Hari Ini

20 Peseda Cek Kesiapan Jalur Pantura

Tiket Kereta Api Tambahan Dijual Hari Ini
Menhub Budi Karya Sumadi bersepeda. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - PT KAI (Kereta Api Indonesia) mulai hari ini menjual tiket kereta api tambahan untuk perjalanan masa mudik lebaran 2018. Rencananya PT KAI akan mengoperasikan 40 perjalanan dengan 23.753 tiket per harinya.

Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta rencana mengoperasikan 16 kereta api (KA) tambahan. Dalam masa angkutan lebaran kali ini, dari Stasiun Gambir sendiri terdapat sembilan KA tambahan dan delapan KA fakultatif.

”Sedangkan dari Stasiun Pasar Senen terdapat tujuh KA tambahan dan satu KA fakultatif dengan total keseluruhan tempat duduk KA tambahan dan KA fakultatif sebanyak 13.816 seat. Dengan ini total kapasitas tempat duduk yang tersedia sebanyak 44.580 tempat duduk hari,” kata Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta Edy Kuswoyo, Minggu (15/4). Pemesanan dan penjualan untuk 16 KA tambahan ini akan dibuka pada hari ini, mulai pukul 00.01 WIB.

Pemesanan dan penjualan tiket KA reguler untuk masa angkutan lebaran telah dimulai pada 7 Maret lalu. Menurut Edy rata-rata, tiket KA tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur pada tanggal-tanggal keberangkatan favorit yakni 11 – 14 Juni telah habis terjual.

Sementara itu Daop 8 Surabaya menjual tiket enam perjalanan KA tambaha. Menurut Manager Humas Daop 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko jumlah tempat duduk yang dijual perharinya mencapai 8.172 seat.

”Sebagian besar mulai beroperasi pada 8 Juni hingga 25 Juni 2018. Namun ada KA yang beroperasi lebih awal, yakni Kertajaya Lebaran yang mulai dioperasikan mulai tanggal 5 Juni 2018 hingga 26 Juni 2018,” ungkapnya.

Sejauh ini, menurut pantauan Jawa Pos, secara nasional jurusan yang paling banyak disediakan kursinya dari Stasiun Pasarsenen Jakarta ke Malang, Surabaya, dan Blitar. Masing memiliki kapasitas 1.792 kursi perhari.

Sebelumnya Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro berpesan agar masyarakat membeli tiket pada aplikasi atau datang langsung ke stasiun. Edi tidak merekomendasikan untuk membeli tiket pada orang yang mengaku bisa mendapatkan tiket.

Tiket kereta api tambahan untuk mudik lebaran 2018 mulai dijual dari ini, rencananya PT KAI mengoperasikan 40 perjalanan KA.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News