Minggu, 22 Juli 2018 – 05:55 WIB

Tol Jakarta – Surabaya, Jalur Fungsional Hanya Siang Hari

Minggu, 15 April 2018 – 06:41 WIB
Tol Jakarta – Surabaya, Jalur Fungsional Hanya Siang Hari - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Pada masa mudik lebaran 2018, jalan tol Jakarta - Surabaya masih belum dapat beroperasi seluruhnya. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyebutkan, masih ada ruas jalan tol yang fungsional.

Mengantisipasi hal tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya akan mengecek langsung jalur fungsional tersebut untuk memastikan keamanannya untuk digunakan para pemudik.

“Dua minggu menjelang Lebaran kita akan tetapkan jalur fungsional itu berfungsi jam berapa sampai jam berapa,” kata Budi.

Berkaca dari tahun lalu, lanjut dia, akan dibuka satu jalur saja. Karena belum dilengkapi penerangan, tol fungsional akan dibuka sampai jam 18:00. “Jadi kalau ternyata tidak ada lampu pasti kita nyatakan malam tidak boleh,” imbuh mantan direktur utama Angkasa Pura II itu.

Hal lain yang perlu diantisipasi adalah debu. Terkait hal tersebut, untuk mengantisipasi Menhub juga meminta pengelola jalan tol untuk menyiapkan tangki air untuk meminimalkan penyebaran debu.

Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat Ditjen Perhubungan Darat Pandu Yunianto mengatakan, ada beberapa rambu yang akan ditambahkan di tol fungsional. Rambu tersebut antara lain batas kecepatan maksimum dan petunjuk jurusan.

“Patok jalan (delineator) yang dilengkapi alat pemantul cahaya atau refektor serta kerucut lalu lintas (traffic cone),” ujarnya, Sabtu (14/4).

Untuk memastikan volume kendaraan pada arus mudik dan balik terdistribusi dengan baik, jalur fungsional yang akan digunakan memiliki total panjang 137,54 km. Tol fungsional yang digunakan adalah ruas Batang-Krapyak pada tol Batang-Semarang, ruas Salatiga-Kertasura sepanjang 32,24 km di tol Solo-Ngawi.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar