Antisipasi Kemacetan Mudik Lebaran 2023, Ganjar Siapkan Jalur Tol Fungsional Solo-Yogyakarta

Antisipasi Kemacetan Mudik Lebaran 2023, Ganjar Siapkan Jalur Tol Fungsional Solo-Yogyakarta
Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, SOLO - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyiapkan jalur tol fungsional seksi 1.1 Solo-Klaten di ruas Solo-Yogyakarta.

Jalur ini untuk mengurai potensi kemacetan pada masa mudik lebaran 2023.

“Jadi di ruas Solo-Yogyakarta ini alhamdulillah enam kilo sudah beres. Jadi yang enam kilo beres ini akan difungsionalkan,” ujar Ganjar di lokasi tol, Sabtu (8/4).

Adapun, jalur tol fungsional 1.1 Solo-Klaten yang akan difungsionalkan sepanjang 6 km. Alternatif jalur lebaran digunakan 1 arah dengan menggunakan 1 jalur 2 lajur, lalu rencana kendaraan yang melintas dikhususkan untuk Kendaraan Golongan I.

Pria 54 tahun ini mengatakan, nantinya jalur tol fungsional ini akan dibuka pada pukul 07.00 WIB-17.00 WIB. Jalur ini bisa dimanfaatkan sebagai jalan alternatif untuk menghindari potensi kemacetan.

“Kawan-kawan kemarin mengerjakan dengan sangat luar biasa ngebut. Beberapa kali kami ngecek, saya sudah lihat, menteri-menteri sudah lihat, kami sudah ngecek tiga kali untuk memastikan,” kata Ganjar.

Meski masih sementara, jalur tol fungsional Solo-Klaten tetap akan dilengkapi berbagai fasilitas keamanan untuk pemudik. Salah satunya tolo-tolo yang akan menyala di kondisi gelap sebagai penanda jalan.

“Nanti akan ada tolo-tolo itu akan di buat rambu sementara, mungkin beberapa akan dipasang. Tolong perhatikan itu dengan baik agar berjalannya bisa lancar,” seru Ganjar.

Jika mengantuk, Ganjar Pranowo menyarankan pemudik untuk rehat sejenak sampai kondisi tubuh dirasa segar kembali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News