UMKM Unggulan Pertamina Mejeng di ICRAFT 2023

UMKM Unggulan Pertamina Mejeng di ICRAFT 2023
PT Pertamina turut berpartisipasi dalam ajang Pameran Interior dan Craft (ICRAFT) 2023 di JCC pada 5-9 April 2023. Foto dok Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) turut berpartisipasi dalam ajang Pameran Interior dan Craft (ICRAFT) 2023 di Cendrawasih Room Nomor 139–143 JCC pada 5-9 April 2023.

Kehadiran ICRAFT 2023 merupakan momentum kebangkitan kriya Indonesia dalam era ekonomi digital, sekaligus sebagai upaya memperluas akses pasar.

Di ajang ini, UMKM binaan Pertamina siap memamerkan produk-produk unggulannya, mulai dari Faiza Bordir, Haluan Bali, Batik Muria, Kraton Leather, Rumah BUMN (RB) Klungkung, dan Rumah BUMN (RB) Palangkaraya.

Dengan mengusung tema 'Kriya Indonesia Dalam Era Ekonomi Digital', kegiatan ini diharapkan bisa membuat para pelaku UMKM semakin mengembangkan sistem digitalisasi pemasaran, agar dapat meningkatkan profit penjualan serta memasarkan produk ke pasar internasional yang tentunya diharapkan bisa meningkatkan angka export.

VP Corporate Communication PT Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menuturkan UMKM dituntut untuk melakukan inovasi produk, serta mengimbangi pemasaran konvensional dengan pemasaran secara online, dan tentunya terus mengikuti perkembangan era digital ini, di mana branding dan pemasaran secara online menjadi hal yang sangat krusial.

Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk terus berkembang, salah satunya melalui pemanfaatan sosial media.

“Selain biaya yang murah dan tidak harus memiliki keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial secara langsung dianggap mampu untuk meraih konsumen secara luas,” ujar Fadjar.

Fadjar menambahkan, Pertamina juga memiliki marketplace smexpo.pertamina.com yang merupakan wadah Pemasaran digital produk mitra binaannya yang bisa diakses secara umum.

UMKM binaan Pertamina siap memamerkan produk-produk unggulannya, mulai dari Faiza Bordir, Haluan Bali, Batik Muria, Kraton Leather, Rumah BUMN (RB) Klungkung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News