Tim Basket Putri AS Merajai Olimpiade Usai Pukul Tuan Rumah

Tim Basket Putri AS Merajai Olimpiade Usai Pukul Tuan Rumah
Pebasket putri Amerika Serikat Chelsea Gray (kiri) berduel dengan pemain Jepang Nako Motohashi dalam perebutan emas Olimpiade Tokyo. Foto: (REUTERS/Phil Noble)

jpnn.com, TOKYO - Tim bola basket putri Amerika Serikat melanjutkan dominasinya dengan meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 usai mengalahkan Jepang 90-75 di Super Arena, Tokyo, Minggu (8/8) WIB.

Amerika tampil dominan sejak awal laga. Hal ini terbukti di kuarter pertama mereka unggul 23-14. Jepang terlihat kesulitan meladeni permainan AS.

Pencetak poin terbanyak AS pada pertandingan ini adalah Brittney Griner dengan 30 poin dan lima rebound. Tidak hanya dominan di area lubang kunci, persentase tembakanya pada pertandingan ini mencapai 78%.

Selain Griner, Breanna Stewart juga tampil apik dengan mencetak double-double 14 poin, 14 rebound dan lima assist. Pemain lainnya yang mencetak dua digit skor bagi Amerika Serikat adalah A'ja Wilson dengan 19 poin dan tujuh rebound.

Sementara di kubu Jepang, kapten tim Maki Takada mencetak 17 poin dan dua assist serta Nako Motohashi menambahkan dengan 16 angka, lima rebound dan empat assist.

Meski kalah di partai final, Jepang berhasil mengukir prestasi tertinggi mereka di ajang bola basket putri. Prestasi terbaik Jepang sebelumnya adalah finis di peringkat lima pada Olimpiade Montreal 1976.

Usai laga, bintang kemengan AS Bittney Griner mengaku senang menjadi bagian sejarah bola basket negaranya dengan menjadi juara tujuh kali beruntun.

"Tujuh kali berturut-turut, itu adalah pencapaian yang luar biasa. Kami menunjukkan bahwa ini adalah bola basket Amerika," ungkap Griner.

Tim basket putri Amerika Serikat melanjutkan dominasinya dengan meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 usai mengalahkan Jepang di partai final.