Tim BIN Terus Bergerak di Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

Tim BIN Terus Bergerak di Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Ilustrasi swab test COVID-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Membantu upaya mempercepat penanganan pandemi COVID-19, Badan Intelijen Negara (BIN) proaktif menggelar tes cairan tenggorokan (swab) terhadap warga di kawasan episentrum penyebaran virus corona jenis baru itu.

Staf Khusus KaBIN, Mayor Jenderal TNI (Purn) Neno Hamriono menyebutkan, tim dari BIN terus bergerak di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Tim kita (BIN) berputar di wilayah Jakarta dan juga wilayah penyangga khususnya seperti Depok, Bogor dan Banten," kata Mayor Jenderal TNI (Purn) Neno Hamriono melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (22/5).

Mayjen Neno menyatakan keterlibatan BIN membantu pemerintah menangani wabah COVID-19 sesuai instruksi Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan.

Neno mengatakan BIN bersama Pemerintah Kota Depok Jawa Barat dan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Depok memeriksa 300 orang di Giant Tole Iskandar, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Cilodong, Jumat (22/5).

Neno menuturkan BIN akan membantu pemerintah daerah untuk mendalami dan menelusuri potensi klaster baru di zona merah dengan tingkat penyebaran COVID-19 tinggi.

Saat tes itu, BIN menyediakan 500 Rapid Test Kit dan mengerahkan dua unit mobil laboratorium untuk tes swab yang mampu mengetahui hasilnya selama lima jam.

Hasilnya menunjukkan 25 orang dari 300 warga yang menjalani pemeriksaan dinyatakan reaktif terhadap COVID-19 sehingga dilanjutkan tes swab.

Tim dari BIN (Badan Intelijen Negara) terus berputar di wilayah Provinsi DKI Jakarta dan daerah penyangga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News