JPNN.com

Tim Investigasi ke Afghanistan Cari Informasi Kejahatan Perang Australia

Selasa, 06 Agustus 2019 – 10:00 WIB Tim Investigasi ke Afghanistan Cari Informasi Kejahatan Perang Australia - JPNN.com
Tim Investigasi ke Afghanistan Cari Informasi Kejahatan Perang Australia

Sebuah tim investigasi telah berada di Afghanistan untuk menyelidiki tuduhan kejahatan perang yang dilakukan pasukan khusus Australia. Tim ini mewawancarai para saksi yang terkait dengan tuduhan tersebut.

Informasi yang diperoleh ABC menyebutkan Paul Brereton, seorang hakim di New South Wales bersama staf Inspektur Jenderal Angkatan Bersenjata Australia (IGADF) telah menemui sejumlah saksi di Kabul baru-baru ini.

Hakim Brereton yang juga perwira cadangan berpangkat Mayor Jenderal Angkatan Darat, ditunjuk memimpin penyelidikan atas tuduhan adanya pelanggaran oleh pasukan khusus Australia selama perang 18 tahun di Afghanistan.

Investigasi ini dimulai sejak awal 2016 setelah desas-desus yang beredar di kalangan Pasukan Khusus dan Angkatan Bersenjata Australia semakin meluas dan tidak bisa diabaikan lagi.

Juru bicara Departemen Pertahanan yang dihubungi menolak berkomentar dengan alasan penyelidikan masih berlangsung.

Langkah yang dilakukan Hakim Brereton dan timnya ke Afghanistan, meskipun menghadapi kendala logistik dan keamanan, sangat penting dalam kasus ini.

Lamanya penyelidikan dan kerahasiaan kasus ini menyebabkan sejumlah pihak mempertanyakan efektivitas serta dampaknya terhadap moral prajurit Pasukan Khusus Australia.

Langkah Hakim Brereton mewawancarai saksi-saksi Afghanistan menunjukkan investigasi ini tidak hanya bergantung pada laporan resmi Angkatan Bersenjata dan bukti dari prajurit Australia.

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...