Tim Kemendagri Bergerak ke Cilegon Dorong Percepatan Realisasi APBD

Tim Kemendagri Bergerak ke Cilegon Dorong Percepatan Realisasi APBD
Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni. Foto: Tim Kemendagri

jpnn.com - CILEGON - Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri menurunkan tim ke Kota Cilegon, Banten untuk memonitor dan mengevaluasi percepatan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), serta penanganan inflasi sejak awal tahun.

Tim Kemendagri bertemu dengan jajaran Pemkot Cilegon di Hotel Aston Boutique Cilegon, Sabtu (18/3). Hadir dalam pertemuan itu antara lain Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni dan tim teknis dari Ditjen Bina Keuda Kemendagri.

Fatoni mengatakan, selain dalam rangka mempercepat realisasi pendapatan Kota Cilegon sejak awal tahun, pertemuan ini bertujuan mendorong penggunaan produk dalam negeri, mendorong penanganan dan penganggaran inflasi, stunting, kemiskinan ekstrem, dan kegiatan prioritas lainnya.

Berdasarkan catatan Kemendagri, realisasi pendapatan Kota Cilegon Tahun 2022 diketahui di posisi paling rendah dibandingkan realisasi pendapatan provinsi, kabupaten/kota se-Banten.

Capaiannya juga berada di urutan ke-17 dari bawah realisasi tingkat nasional kota seluruh Indonesia, yakni sebesar Rp1.719,05 miliar atau 91,13 persen dari total pendapatan Rp1.886,36 miliar.

Sementara itu, realisasi belanja Kota Cilegon juga berada di posisi paling rendah dibandingkan realisasi belanja provinsi, kabupaten/kota se-Banten. Capaiannya berada di urutan ke-12 dari bawah realisasi tingkat nasional kota seluruh Indonesia, yakni sebesar Rp1.895,79 miliar atau 81,04 persen dari total belanja Rp2.339,36 miliar.

“Monev dan asistensi semacam ini juga dapat meningkatkan kapasitas SDM, baik pemahaman terhadap peraturan perundang-undangan, kebijakan, dan informasi terkini terkait pengelolaan keuangan daerah," kata Fatoni.

Dia juga mengapresiasi capaian awal tahun yang telah berhasil diperoleh Kota Cilegon dengan tingginya realisasi pendapatan Kota Cilegon TA 2023. Capaian tersebut menempatkan Kota Cilegon berada di urutan tertinggi secara nasional.

Tim Kemendagri menggelar monev percepatan realisasi APBD dan penanganan inflasi di Cilegon.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News