Tim Pembasmi Preman Diintensifkan di Terminal

Tim Pembasmi Preman Diintensifkan di Terminal
Tim Pembasmi Preman Diintensifkan di Terminal

jpnn.com - SURABAYA – Aktivitas pengunjung Terminal Purabaya dipastikan meningkat menjelang Lebaran. Untuk menjamin keamanan selama arus mudik dan balik, Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim meningkatkan intensitas tim anti premanisme.

Mereka bertugas mengendus dan menangkap preman yang menyamar sebagai petugas tiket atau kru bus. Para preman itu biasanya melakukan pemerasan hingga penyekapan.

Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim AKBP Hanny Hidayat mengungkapkan, antisipasi premanisme di Terminal Purabaya sebenarnya dilakukan sejak jauh-jauh hari. Bahkan, sebelum masuk bulan puasa, tim jatanras sering merazia.

Sampai sekarang, sudah puluhan preman ditangkap dan didata di database jatanras. Data tersebut meliputi identitas diri dan foto. ’’Kalau butuh data sewaktu-waktu, kami sudah punya. Tinggal buka nama atau scan sidik jari,’’ kata Hanny, seperti diberitakan Jawa Pos hari ini.

Menurut dia, banyak modus yang biasanya digunakan komplotan preman terminal dalam musim Lebaran. Salah satunya, bertindak seolah-olah kru bus tertentu. Untuk meyakinkan calon penumpang, mereka mengenakan rompi yang bertulisan nama bus.

Awalnya, salah seorang pelaku menanyai tujuan penumpang. Setelah ditanggapi, dia mengarahkan calon penumpang ke bus yang dianggap sesuai dengan tujuan penumpang. Saat itulah anggota komplotan lainnya mencegat calon penumpang untuk membeli tiket lebih dulu.

Ketika calon penumpang sudah terjebak, para preman tersebut menarget harga tiket yang melambung tinggi jauh dari harga sebenarnya.

’’Ada yang dinaikkan sampai beberapa kali lipat,’’ ungkap Hanny. Bagi penumpang awam, terkadang harga itu dinilai wajar. Padahal, seharusnya harga tiketnya bisa lebih murah.

SURABAYA – Aktivitas pengunjung Terminal Purabaya dipastikan meningkat menjelang Lebaran. Untuk menjamin keamanan selama arus mudik dan balik,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News