Tim Penilai Akreditasi Disebut 'Karatan'

Kualitas Penilaian BAN-PT Dinilai Buruk

Tim Penilai Akreditasi Disebut 'Karatan'
Tim Penilai Akreditasi Disebut 'Karatan'
JAKARTA - Ketua Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (PTSI), Thomas Suyatno, mengatakan bahwa assessor (tim penilai) Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) sudah harus diganti. Menurutnya, hasil penilaian yang dilakukan oleh para assessor tersebut sudah tidak berkualitas.

"Assessor-nya sudah karatan. Harusnya memang sudah diganti. Karena dari tahun ke tahun, itu-itu saja orangnya. Dan kualitas dari hasil penilaiannya (juga) sudah tidak sesuai. Harusnya ada penyegaran," ungkap Suyatno kepada JPNN, di Jakarta, Kamis (4/11).

Buruknya kualitas penilaian yang dilakukan oleh para assessor tersebut, lanjut Suyatno, turut menimbulkan banyak keluhan dari berbagai PTS di daerah. Di antaranya dari Padang, Sumatera Barat, serta di Jawa Timur. "Mereka (PTS) di sana mengeluhkan bahwa ada beberapa assessor yang tidak qualified," terangnya.

Suyatno mencontohkan, para assessor yang telah melakukan penilaian terhadap salah satu PTS di daerah, langsung membuat laporan akhir, sementara PTS yang bersangkutan tak diperkenankan untuk melakukan klarifikasi. "Misalnya, salah satu PTS memperoleh nilai yang menurun. Nah, assessor tersebut langsung saja membuat laporan akhir dan disampaikan ke pusat. Seharusnya, assessor menjelaskan apa penyebab penurunan nilai, dan PTS juga diberikan hak jawab," tegas Suyatno, yang enggan menyebutkan contoh nama PTS yang dimaksud.

JAKARTA - Ketua Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (PTSI), Thomas Suyatno, mengatakan bahwa assessor (tim penilai) Badan Akreditasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News