Tim SAR Mengevakuasi WN Australia yang Kecelakaan Saat Berlayar di Ende NTT

Tim SAR Mengevakuasi WN Australia yang Kecelakaan Saat Berlayar di Ende NTT
Tim SAR Gabungan evakuasi WNA Australia yang membutuhkan tindakan medis saat berlayar melintasi perairan Batoga, Kota Baru, Kabupaten Ende, NTT, Sabtu (22/7/2023) malam. (ANTARA/HO-Basarnas Maumere)

jpnn.com - LEWOLEBA - Seorang warga negara Australia mengalami kecelakaan saat berlayar melintasi Perairan Batoga, Kota Baru, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tim SAR Gabungan telah mengevakuasi warga negara asing (WNA) asal Australia yang membutuhkan tindakan medis tersebut.

"Ada luka di kaki kiri korban sehingga korban dievakuasi ke Pelabuhan Wuring pada pukul 02.35 WITA dan langsung dievakuasi ke RSUD TC Hillers Maumere untuk ditangani oleh tim medis," kata Kepala Subseksi Sumber Daya Basarnas Maumere Karel Roni Ileng dari Maumere, Kabupaten Sikka, Minggu (23/7).

Basarnas Maumere telah menerima informasi dari Basarnas Command Center Jakarta bahwa seorang WN Australia yang menggunakan Yacht SV Kofikat berlayar dari Kupang menuju Lombok membutuhkan medical evacuation di Perairan Batoga, Kota Baru Ende, yang berjarak sekitar 16 nautical mile (NM) dari Pelabuhan Wuring Maumere, Kabupaten Sikka, Sabtu malam.

Korban bernama Euan Ross Mc Kinnon (57) berjenis kelamin laki-laki, berada di atas kapal bersama temannya yang berkewarganegaraan Selandia Baru dan Perancis. Saat melakukan aktivitas, korban mengalami kecelakaan sehingga kaki kiri terluka.

Tim SAR Gabungan bergerak ke lokasi kejadian pada pukul 22.00 WITA dan mengevakuasi korban menuju Pelabuhan Wuring, Kabupaten Sikka. Korban kemudian dibawa menggunakan ambulans ke rumah sakit daerah.

Berdasarkan informasi dari tim medis Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD TC Hillers Maumere, kondisi luka korban di kaki sebelah kiri merupakan luka terbuka dan cukup besar. "Info dari dokter korban harus rujuk ke operasi karena harus dijahit," kata Karel. (antara/jpnn)

Tim SAR Gabungan telah mengevakuasi warga negara asing (WNA) asal Australia yang mengalami kecelakaan di Ende NTT.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News