Tindak Lanjuti 3.164 Aduan Masyarakat, Pemkab Tangerang Sabet Terbaik Kedua SP4N LAPOR

Tindak Lanjuti 3.164 Aduan Masyarakat, Pemkab Tangerang Sabet Terbaik Kedua SP4N LAPOR
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. Foto: Humas Pemkab Tangerang

jpnn.com, TANGERANG - Pemerintah Kabupaten Tangerang meraih penghargaan sebagai pengelola Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) terbaik kedua tingkat nasional kategori Pemkab/Pemkot periode Semester I tahun 2021. Ini setelah Pemkab Tangerang berhasil menindaklanjuti 92 persen laporan masyarakat.

Tangerang menjadi satu-satunya Pemkab/Pemkot dari tiga daerah percontohan yang masuk lima besar persentase terbaik dalam tindak lanjut SP4N-LAPOR!. 

“Alhamdulillah, raihan ini memacu kami untuk terus meningkatkan layanan,” kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dalam siaran pers, Minggu (15/8).

Zaki berharap seluruh perangkat daerah dan unit pelayanan publik di lingkungan Kabupaten Tangerang terus semangat melayani dan meningkatkan pengelolaan pengaduan pelayanan publik dari masyarakat. 

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang, Tini Wartini yang juga Ketua Tim Koordinasi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Kabupaten Tangerang menyebutkan data statistik terakhir, sejak terhubung dengan SP4N-LAPOR! tahun 2018, sebanyak 3.164 pengaduan telah ditindaklanjuti dan 25 pengaduan terbaru masih dalam penanganan. 

"Sedangkan 82 pengaduan harus dikembalikan kepada pelapor karena deskripsi pengaduan belum lengkap," katanya.

Selain itu, sebagai daerah urban, Pemerintah Kabupaten Tangerang rata-rata menerima sekitar 5-10 pengaduan yang masuk per harinya ke dalam dashboard SP4N-LAPOR!. Hal tersebut menunjukkan angka partisipasi publik yang cukup baik untuk mendukung pelayanan publik yang lebih baik.

Dia pun berharap pada periode selanjutnya Kabupaten Tangerang dapat meningkatkan  pelayanan serta tindak lanjut penyelesaian pengaduan yang masuk melalui SP4N-LAPOR!.

Tangerang menjadi satu-satunya Pemkab/Pemkot dari tiga daerah percontohan yang masuk lima besar persentase terbaik dalam tindak lanjut SP4N-LAPOR! besutan KemenPAN-RB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News