Tinggal Selangkah Lagi, SERGAP Jadi Motor Listrik Militer

Tinggal Selangkah Lagi, SERGAP Jadi Motor Listrik Militer
Motor listrik militer Sergap di Pameran Pekan Litbang Pertahanan 2022. Foto: Kemenhan

jpnn.com, JAKARTA - SERGAP Electric Tactical Motor Bike dipamerkan dan paling menarik perhatian dalam Pekan Litbang Pertahanan 2022 yang diselenggarakan Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Sepeda motor listrik karya anak bangsa itu dipamerkan di Balitbang Kemenhan, Pondok Labu, Jakarta, Kamis (11/8).

Kapuslitbang Alpahan Balitbang Kemenhan Laksamana Pertama (Laksma) TNI Danto Yuliardi Wirawan mengatakan penggunaan motor listrik adalah salah satu hal positif untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Terlebih, kata dia, pemerintah telah menyusun penggunaan kendaraan ramah lingkungan dan energi terbarukan sehingga akan beralih dari kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) menjadi kendaraan listrik.

"Sementara sedang dikembangkan untuk kebutuhan militer. Namun, selanjutnya sangat terbuka juga untuk digunakan secara umum. Hanya tinggal versinya saja yang disesuaikan kebutuhannya," kata Danto dalam keterangan yang diterima.

Menurutnya, sosialisasi sangat penting dilakukan karena saat ini, masyarakat umumnya belum mengetahui manfaat penggunaan kendaraan listrik.

Dia menyebut selain ramah lingkungan, penggunaan kendaraan listrik bakal menekan beban anggaran bahan bakar yang harus dikeluarkan masyarakat.

Apalagi, penggunaan kendaraan listrik pun dapat menekan subsidi yang dikeluarkan oleh pemerintah karena penggunaan kendaraan listrik otomatis menekan penggunaan BBM.

SERGAP Electric Tactical Motor Bike dipamerkan dan paling menarik perhatian dalam Pekan Litbang Pertahanan 2022 yang diselenggarakan Kementerian Pertahanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News