Tinggalkan Rumah saat Mudik Lebaran, Ini Tips Agar Aman dari Kebakaran

Tinggalkan Rumah saat Mudik Lebaran, Ini Tips Agar Aman dari Kebakaran
Ilustrasi petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Timur saar memadamkan api yang membakar rumah kosong di Pulogadung. Foto: Sudin Gulkarmat Jakarta Timur

jpnn.com, JAKARTA - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat) DKI Jakarta memberikan tips kepada warga untuk mengantisipasi kebakaran rumah saat ditinggal mudik Lebaran 2023.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengatakan bangunan perumahan (BP) menjadi objek yang paling banyak mengalami kebakaran dengan dugaan penyebab korsleting listrik.

Selain itu, ada juga penyebab kebakaran lainnya seperti kebocoran instalasi gas dan aktivitas membakar sampah yang dapat menyebabkan objek lainnya terbakar seperti instalasi luar gedung, bangunan umum dan perdagangan, kendaraan, bangunan industri, tumbuhan, dan lainnya yang harus diwaspadai. 

"Oleh karena itu, sangat penting untuk kita tetap waspada dan mengambil tindakan pencegahan kebakaran yang tepat. Periksa instalasi listrik secara berkala dan segera ganti jika kabel atau perangkat listrik sudah terkelupas atau rusak," ucap Satriadi dalam keterangannya, Selasa (18/4).  

Adapun langkah-langkah antisipasi kebakaran yang perlu diterapkan, yaitu:

1. Tidak meninggalkan kompor yang sedang menyala saat memasak

2. Pastikan kompor dalam keadaan mati saat akan meninggalkan rumah atau saat waktu istirahat

3. Perhatikan instalasi tabung gas yang digunakan untuk memasak, pahami ciri kebocoran gas seperti berbau menyengat, dan mengeluarkan bunyi pada saat instalasi

4. Lepas regulator dari tabung gas

Dinas Gulkarmat DKI Jakarta memberikan tips kepada warga untuk mengantisipasi kebakaran rumah saat ditinggal mudik Lebaran 2023. Begini penjelasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News