Tinggalkan Zona Nyaman sebagai PNS, Kini jadi Miliarder

Tinggalkan Zona Nyaman sebagai PNS, Kini jadi Miliarder
Indra Suardi, Juragan Sapi di Kota Jambi.FOTO: MUHAMMAD HAFIZH ALATAS/JAMBI EKSPRES/JPNN.com

jpnn.com - Indra Suardi berani meninggalkan zona nyaman sebagai PNS dan kini menjadi seorang miliarder di Kota Jambi. Namanya besar dari dagangan Sapi. Kini Indra merupakan salah satu pedagang sapi terbesar di Kota Jambi.

MUHAMMAD HAFIZH ALATAS - Jambi

NAMANYA Indra Suardi. Di Kota Jambi ia lebih dikenal sebagai juragan sapi. Setiap tahun, khususnya hari raya kurban Indra memasuki masa panen. Sapi dan kambingnya banyak diburu.

Indra memiliki kandang di belangkang rumahnya, di kawasan mayang Kota Jambi, tepatnya berdekatan dengan pasar Mama Mayang Kota Jambi. Kandang milik Indra mampu menampung lebih kurang 200 sapi dan 200 kambing.

Belum lama ini harian pagi Jambi Ekspres (Jawa Pos Group) berkesempatan datang ke kandang sapi milik Indra. Kala itu ada pemeriksaan kesehatan hewan kurban oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi.

Semua ternak milik Indra diperiksa kesehatannya. Yang terbukti sehat langsung dipasang label sehat. Saat itu terlihat beberapa karyawan Indra tengah sibuk mengurus sapi dan kambingnya. Diberi makan, dibersihkan kotorannya.

Kandang milik Indra tidak mengeluarkan bau yang menyengat. Memang, kelebihan kandang juragan sapi Kota Jambi itu rutin dibersihkan. Kotoran dibersihkan tiga kali sehari, ternaknya dimandikan dua kali sehari.

“Pagi, siang, sore, kotoran dimasukan ke karung. Pagi pukul 07.00 WIB ternak dimandiin, sore pukul 17.00 WIB mandi lagi. Kebersihan sangat kita jaga,” kata Alumni peternakan Unja itu.

Indra Suardi meninggalkan zona nyaman, mengundurkan diri dari PNS untuk menjadi juragan sapi, kini omzetnya mancapai miliaran rupiah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News