Tingkatkan Daya Saing, Kementan Dorong Elektrifikasi Hortikultura

Tingkatkan Daya Saing, Kementan Dorong Elektrifikasi Hortikultura
Kementerian Pertanian (Kementan) menyikapi upaya positif menjaga ketahanan pangan, termasuk upaya eletrifikasi. Foto: dok Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) menyikapi upaya positif menjaga ketahanan pangan, termasuk upaya eletrifikasi.

Elektrifikasi di sektor pertanian berperan meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan pertanian berkelanjutan di seluruh negeri.

Sekretaris Ditjen Hortikultura, Taufiq Ratule mengatakan arah pembangunan hortikultura secara umum adalah meningkatkan daya saing hortikultura.

Menurut dia, daya saing ini di antaranya memiliki tujuan utama ke arah peningkatan produksi, produktivitas, dan penguatan akses pasar.

"Agar mencapai daya saing yang diinginkan, strategi yang kami lakukan antara lain melalui pengembangan kampung hortikultura, penumbuhan UMKM hortikultura dan modernisasi hortikultura melalui sistem informasi," ujar Taufiq pada saat Kompas Talk bertajuk Ketahanan Pangan Melalui Elektrifikasi Agrikultur, Rabu (12/7).

Sesuai dengan arahan Menteri Pertanian untuk menjadikan sektor pertanian yang modern, terang Taufiq, beberapa kawasan hortikultura telah menerapkan elektrifikasi.

Hasil di lapangan menunjukkan signifikansi pada produksi dan produktivitas, di antaranya pada kawasan cabai dan bawang merah berlahan pasir Pantai Sanden, Bantul DIY yang dulunya menggunakan pompa BBM, kini telah menggunakan pompa listrik PLN.

Dengan beralih ke pompa listrik PLN terdapat efisiensi 10 kali lebih hemat.

Kementerian Pertanian (Kementan) menyikapi upaya positif menjaga ketahanan pangan, termasuk upaya eletrifikasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News