Tingkatkan Keamanan Maritim, Bakamla RI Bekerja Sama dengan Japan Coast Guard

Tingkatkan Keamanan Maritim, Bakamla RI Bekerja Sama dengan Japan Coast Guard
Kepala Subdirektorat Kerja Sama Luar Negeri Kolonel Bakamla Satya Pratama. Foto: Humas Bakamla

jpnn.com, JAKARTA - Badan Keamanan Laut dan Japan Coast Guard melakukan pembahasan draft Memorandum of Cooperation (MoC) di ruang rapat Podcast, Mabes Bakamla Gedung Perintis Kemerdekaan, Jalan Proklamasi No.56, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/3/2019).

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari kerja sama keamanan maritim antara Pemerintah Indonesia dengan Jepang pada 21 Desember 2016. Pada saat itu kerja sama dituangkan dalam Memorandum of Cooperation di Tokyo, yang menyepakati adanya Pembentukan “Indonesia Japan Maritime Forum (IJMF)”.

Rapat dibuka oleh Kepala Subdirektorat Kerja Sama Luar Negeri Kolonel Bakamla Satya Pratama dan dihadiri oleh Kabid Kerja Sama Asia Pasifik Kemlu Ira Rachmawati, Pabanda Kerma Multi Sopsal Koarmada I Mayor Laut (P) Eko Triyatomo, Perwakilan Direktorat Jenderal Hukum dan Perjanjian International Kemlu Blandina Rva Pella, Perwakilan Polairud AKP Toto Hadi P dan AKP Rishan Indarso.

BACA JUGA: Bakamla Amankan Dua Kapal Usai Transfer 18 Ton BBM Ilegal di Perairan Batuampar

Rapat tersebut membahas mengenai isi draft MoC antara Japan Coast Guard dan Bakamla. Draf tersebut mencakup bidang kerja sama yang dibahas antara lain peningkatan kapasitas terkait keamanan dan keselamatan maritim melalui latihan bersama, pelatihan, pendidikan, workshop dan seminar.

Selain itu, kerja sama untuk mengadakan pertemuan tahunan; membangun komunikasi; sharing informasi komunikasi dan kegiatan lain berdasarkan kesepakatan bersama.

“Diharapkan Bakamla dapat menganggarkan di dalam DIPA Bakamla untuk terselenggaranya kerjasama dimaksud,” saran Ira Rachmawati.

Hasil pembahasan draft MoC ini akan dilaporkan secara tertulis dan berjenjang ke pimpinan tinggi Bakamla, Kemlu, Polairud dan Mabes AL serta draft ini akan dibawa Presiden pada saat kunjungan ke Jepang.

Rapat Bakamla dan Japan Coast Guard membahas draf kerja sama yang mencakup peningkatan kapasitas terkait keamanan dan keselamatan maritim melalui latihan bersama, pelatihan, pendidikan, workshop dan seminar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News