Tingkatkan Kemampuan Kepsek SMK, Kemendikbudristek Gandeng 5 Universitas Ternama

Tingkatkan Kemampuan Kepsek SMK, Kemendikbudristek Gandeng 5 Universitas Ternama
Dirjen Diksi Wikan Sakarinto dalam program peningkatan kapabilitas manajerial berbasis industri bagi kepala SMK tahun 2021. Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Kemendikbudristek meluncurkan program terbarunya untuk seluruh kepala Sekolah Menengah Kejuruaan (SMK). Program peningkatan kapabilitas manajerial berbasis industri bagi kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun 2021 ini untuk mendukung pengembangan SMK Pusat Keunggulan (SMK PK).  

"Ini menjadi pembeda dari SMK dengan jenjang pendidikan lain, kita harus mampu menyiapkan sumber daya manusia yang siap terjun ke dunia kerja,” terang Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Wikan Sakarinto dalam sambutannya saat peluncuran program tersebut secara virtual, Rabu (8/9).

Dirjen Wikan melanjutkan setiap pimpinan satuan pendidikan vokasi memiliki tanggung jawab terhadap efektivitas pencapaian visi, misi, dan program kerja lembaga yang dipimpinnya. Hal ini menjadi prioritas untuk dikembangkan dan diperkuat dalam rangka menghadapi revoulsi industri 4.0 secara konstan sejalan dengan perkembangan teknologi.

 “Hal spesifik pada pendidikan vokasi yang berbeda dengan pendidikan umum adalah keterkaitannya dengan dunia kerja. Pendidikan vokasi bertugas untuk mempersiapkan sumber daya manusia terampil yang siap untuk bekerja dalam bidang tertentu,” tuturnya. 

Dalam program tersebut, Kemendikbudristek menggandeng lima perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki program Master of Bussiness Administration yang telah terakreditasi internasional dan telah memiliki reputasi baik di tingkat nasional dan internasional serta memiliki pengalaman menyelenggarakan pelatihan bagi para CEO.

Kelima mitra perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Institut Pertanian Bogor University, Universitas Prasetiya Mulya serta Binus University. 

Anggota Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mendukung program peningkatan kapabilitas manajerial berbasis industri bagi kepala SMK tahun 2021. Kepala sekolah sebagai executive officer harus berubah cara berpikirnya.

Menurut dia, dalam memimpin, seorang kepala sekolah harus memiliki inisiatif, kreativitas, dan jiwa kewirausahaan. 

Kemendikbudristek menggandeng 5 universitas top di antaranya UI Unbraw IPB Binus dalam meningkatkan kompetensi kepsek SMK