Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Kodam Pattimura Gelar Latihan Uji Siap Tempur

Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Kodam Pattimura Gelar Latihan Uji Siap Tempur
Latihan uji siap tempur untuk meningkatkan kemampuan prajurit Kodam Pattimura (Antara/DedyAzis)

jpnn.com - AMBON - Komando Daerah Militer XVI/Pattimura menggelar latihan uji siap tempur (UST) guna meningkatkan kemampuan para prajurit dalam pengamanan di Maluku. 

UST tingkat kompi ini diselenggarakan selama tiga hari dengan daerah latihan di Desa Tulehu dan Waai Komplek.

UST bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan tempur, khususnya di medan operasi yang dilaksanakan Satuan Denkav 5/BLC.

"Untuk memiliki kesiapan tempur yang optimal, perlu adanya pembinaan latihan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut, mulai dari latihan perorangan sampai dengan latihan satuan," ucap Kasdam XVI Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi di Ambon, Selasa (21/11).

Menurut dia, UST tingkat kompi panser ini merupakan salah satu program latihan yang dilaksanakan untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan tempur alutsista panser agar siap melaksanakan operasional baik dalam hubungan satuan maupun perorangan.

“Untuk mencapai sasaran tersebut, maka setiap Prajurit Denkav-5/BLC dituntut untuk memiliki semangat, disiplin, dan motivasi yang tinggi sehingga dapat mengoptimalkan aplikasi teknik dan taktik bertempur dengan persenjataan yang dimiliki," katanya.

Dia berpesan kepada para prajurit agar memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan dalam setiap pergerakan pasukan, dengan mengikuti aturan dan protap latihan sesuai ketentuan yang berlaku.

"Termasuk, memperhatikan petunjuk dan arahan pelatih, meminimalkan kerusakan lingkungan di daerah latihan, khususnya di daerah perkampungan dan lahan masyarakat agar latihan UST ini memberi kesan positif bagi masyarakat sepanjang daerah latihan," tuturnya.

Kodam XVI/Pattimura menggelar latihan uji siap tempur untuk meningkatkan kemampuan para prajurit dalam pengamanan di Maluku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News