Tingkatkan Pengamanan Pelabuhan, Pupuk Kaltim bersama JVC Gelar Joint Exercise ISPS Code 2022

Tingkatkan Pengamanan Pelabuhan, Pupuk Kaltim bersama JVC Gelar Joint Exercise ISPS Code 2022
PT Pupuk Kaltim melakukan skenario latihan gabungan International Ship and Port Facility (ISPS) Code, yang bekerja sama dengan Join Venture Company (JVC) di terminal khusus Dermaga Tursina pada 29-30 November 2022. Foto dok PKT

jpnn.com, KALIMANTAN TIMUR - PT Pupuk Kaltim melakukan skenario latihan gabungan International Ship and Port Facility (ISPS) Code, yang bekerja sama dengan Join Venture Company (JVC), dari PT Kaltim Parna Industri (KPI) dan Kaltim Methanol Indonesia (KMI), selaku JVC di terminal khusus Dermaga Tursina pada 29-30 November 2022.

Kegiatan ini sebagai upaya memberikan jaminan keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan, sekaligus menentukan langkah keamanan yang tepat melalui penilaian risiko pada setiap ancaman yang dihadapi.

SVP Teknologi Pupuk Kaltim Heri Subagyo, mengungkapkan ISPS Code pada dasarnya merupakan kegiatan yang menggunakan pendekatan manajemen risiko, untuk menjamin keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan.

Sehingga ke depan bisa menentukan sejumlah langkah tepat dalam penanganan setiap kasus tertentu.

Begitu pula dengan joint exercise ISPS Code kali ini, ditujukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan seluruh personel yang difokuskan lima aspek.

Di antaranya pengujian efektivitas Port Facility Security Plan, prosedur komunikasi, peningkatan keterampilan dan pengetahuan seluruh pemangku kepentingan ISPS Code, pengujian respon perubahan tingkat keamanan, serta pengujian terhadap prosedur hingga tim dan peralatan penanggulangan pencemaran Tier 1.

"Melalui kegiatan ini, Pupuk Kaltim bersama seluruh JVC berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan profesionalitas, terutama dalam pengelolaan Port Facility Security Plan," ujar Heri.

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai kaidah manajemen keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan, yang tertuang dalam Amandemen Safety of Life At Sea (SOLAS) 1974, tentang peningkatan keamanan pelayaran.

Pupuk Kaltim bersama JVC tidak mengabaikan kemungkinan risiko bahaya yang bisa saja terjadi terhadap kapal masuk dan keluar terminal khusus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News