Tingkatkan PPM, CFCD dan Kementerian ESDM Gelar Studi Komparatif di Jepang

Tingkatkan PPM, CFCD dan Kementerian ESDM Gelar Studi Komparatif di Jepang
Corporate Forum for Community Development (CFCD) dan Kementerian ESDM menggelar studi komparatif pascatambang (post mine) ke Jepang mulai 24 Juni hingga 4 Juli 2019. Foto: CFCD

jpnn.com, JAKARTA - Corporate Forum for Community Development (CFCD) menggelar studi komparatif pascatambang (post mine) ke Jepang mulai 24 Juni hingga 4 Juli 2019.

Studi itu dilakukan untuk terus memperbaiki pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) di sekitar wilayah operasional pascatambang.

“Studi komparatif yang memberangkatkan sebanyak 55 peserta ke Jepang ini terbit merupakan kerja sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM),” ujar Ketua umum CFCD Sudarmanto, Senin (24/6).

BACA JUGA: CFCD Bantu Pemprov Kalteng Buat Cetak Biru PPM

Dalam studi banding kelima keluar negeri yang digelar oleh CFCD juga turut diikuti oleh perwakilan dari Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Timur serta perwakilan dari DPRD Kalimantan Timur.

Sudarmanto menambahkan, studi komparatif CFCD post mine kali ini dibagi dalam dua gelombang keberangkatan.

Keberangkatan pertama pada 24 Juni 2019 12 peserta. Gelombang kedua pada 28 Juni 2019 memberangkatkan 43 peserta.

Adapun total peserta yang berangkat dalam dua gelombang berjumlah 55 orang yang terdiri dari 37 pria serta 18 wanita.

Corporate Forum for Community Development (CFCD) menggelar studi komparatif pascatambang (post mine) ke Jepang mulai 24 Juni hingga 4 Juli 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News