Tingkatkan Produksi, Taput Dapat Bantuan Alsintan

Tingkatkan Produksi, Taput Dapat Bantuan Alsintan
Dirjen PSP Kementan Sarwo Edhy bersama petani. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, TAPUT - Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) untuk Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) guna meningkatkan produksi pertanian. Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Taput Nikson Nababan kepada Kelompok Tani (Poktan).

Bantuan Alsintan yang diberikan beraneka ragam. Di antaranya berupa Traktor Mini Roda Empat, 6 unit Pemanen Padi (combine Harvester), dan 5 unit Power Thresser Multiguna.

"Kami mengharapkan pada para poktan agar dapat memanfaatkan, menggunakan serta memelihara bantuan yang telah diberikan pemerintah, sehingga dapat meningkatkan hasil produksi demi kesejahteraan masyarakat Taput," ujar Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy, Selasa (21/1) lalu.

Sarwo Edhy menjelaskan, pemberian Alsintan ini menurut pedoman teknis Ditjen PSP diberikan kepada 2 kategori. Kategori pertama adalah masyarakat yang merupakan Kelompok Tani (Poktan), Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), usaha pelayanan jasa alsintan (UPJA), Koporasi Petani dan Kelomppok Usaha Bersama (KUB) serta masyarakat tani.

"Kategori kedua adalah Pemda Provinsi, Kabupaten/Kota dan Korem/Kodim. Untuk itu, sebelum mengajukan bantuan Alsintan, kami akan pastikan petani sudah termasuk ke dalam dua kategori tersebut," jelas Sarwo Edhy.

Menurutnya, hal tersebut penting dilakukan, sehingga peralatan mesin pertanian yang dibutuhkan dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu, juga untuk memastikan Alsintan yang diberikan benar-benar dimanfaatkan. "Karena bantuan Alsintan umumnya hanya akan diberikan kepada petani yang berkontribusi aktif terhadap peningkatan hasil pertanian untuk bangsa Indonesia," kata Sarwo Edhy.

Selain menyerahkan bantuan Alsintan, Bupati Nikson Nababan juga menyerahkan Akte Notaris Kelompok Tani di seluruh kecamatan di kabupaten Taput, Bantuan diserahkan di UPT Alat Mesin Pertanian Perumnas Silangkitang, Kecamatan, Sipoholon.

"Bekerjalah dengan baik karena tidak akan ada yang bisa merubah kita kalau bukan dari diri kita sendiri. Tetap bekerja, berusaha dan bahu membahu untuk meningkatkan taraf hidup. Akte Notaris Kelompok Tani ini sebagai bagian dari aturan untuk mendapatkan bantuan bantuan bagi kelompok tani," ujar Bupati Nikson.

Bantuan Alsintan yang diberikan berupa Traktor Mini Roda Empat, 6 unit Pemanen Padi (combine Harvester), dan 5 unit Power Thresser Multiguna.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News