Tiongkok Ajak ASEAN Menciptakan Obat Virus Corona

Tiongkok Ajak ASEAN Menciptakan Obat Virus Corona
Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok Li Keqiang di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (7/5). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BEIJING - Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang mengajak negara-negara yang tergabung dalam ASEAN bersama-sama mengembangkan obat-obatan dan vaksin untuk virus corona (COVID-19).

"Kami ingin berbagi pengalaman diagnosis dan perawatan, riset dan informasi data, melakukan riset dan pengembangan obat dan vaksin COVID-19 bersama-sama," katanya dalam keterangan tertulisnya yang diterima ANTARA, Rabu (15/4).

Dalam pernyataan tertulisnya berkaitan dengan KTT Asian Plus Three yang khusus membahas COVID-19 itu, PM Li juga menyampaikan keinginannya untuk mengoordinasikan produksi, permintaan, distribusi peralatan medis dan fasilitas kesehatan lainnya secara komersial.

"Tiongkok akan memberikan dukungan dan bantuan kepada negara-negara anggota ASEAN dengan segala kemampuan kami melalui jalur komersial dan akan mengirimkan lebih banyak ahli sesuai dengan kebutuhan," ujarnya.

Berbagai kelompok masyarakat, Tiongkok juga telah mengerahkan segala sumber daya untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada ASEAN dalam menangani wabah tersebut.

"Tiongkok juga mendukung ASEAN dalam menyiapkan dana tanggap darurat COVID-19 melalui Dana Kerja Sama ASEAN-Tiongkok dan Dana Kerja Sama ASEAN Plus Three," katanya menambahkan.

Li menyambut baik proposal pendanaan senilai USD 5 miliar untuk fasilitas pemulihan pasien virus corona melalui Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB), bank pembangunan multilateral untuk investasi pembangunan yang diprakarsai oleh Tiongkok. (ant/dil/jpnn)

Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang mengajak negara-negara ASEAN bersama-sama mengembangkan obat-obatan dan vaksin untuk virus corona


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News