JPNN.com

Tiongkok Bakal Jadi Investor Terbesar di Indonesia

Senin, 05 September 2016 – 13:22 WIB Tiongkok Bakal Jadi Investor Terbesar di Indonesia - JPNN.com

JAKARTA – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Perkasa Roeslani menyatakan, Tiongkok bakal menjadi investor asing terbesar di Indonesia.  

Itu disampaikan Rosan menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat bertemu ratusan pengusaha Negeri Tirai Bambu, pada Forum Bisnis Indonesia -Tiongkok di Shanghai, Tiongkok akhir pekan lalu.

“Komitmen Presiden Jokowi memangkas jalur birokrasi dan pengurusan izin telah menumbuhkan harapan besar bagi kalangan pengusaha Tiongkok. Mereka sangat antusias untuk meningkatkan investasi di Indonesia,” kata Rosan di Jakarta, Senin (5/9).

Pada perteuan itu, Jokowi langsung memberikan jaminan kepada pengusaha Tiongkok mengenai berbagai kemudahan investasi seperti, Layanan Izin Investasi tiga Jam, Layanan Jalur Hijau.

Kemudian, Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK), dan regulasi investasi yang lebih terbuka melalui perbaikan Daftar Negatif Investasi (DNI) untuk mempermudah arus masuk investasi Tiongkok ke dalam negeri.

“Memang masih ada kendala, terutama bahasa dan kemitraan. Tapi, saya yakin hal itu akan bisa teratasi. Satu hal yang harus dicermati adalah Indonesia kini menjadi salah satu negara tujuan investasi paling menarik bagi Tiongkok,” tandas Rosan. 

Di sisi lain, Rosan juga mengapresiasi konsistensi Presiden Jokowi untuk tetap menyinergikan kebijakan fiskal, moneter, dan reformasi struktural bagi perbaikan ekonomi nasional. (chi/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...