Tiongkok Berkomitmen Menambah Bantuan untuk Italia di Tengah Teror Wabah Corona

Tiongkok Berkomitmen Menambah Bantuan untuk Italia di Tengah Teror Wabah Corona
Presiden Tiongkok Xi Jinping. Foto: AFP

jpnn.com, BEIJING - Tiongkok akan mengirim lebih banyak ahli medis ke Italia serta berusaha semaksimal mungkin menyediakan pasokan medis dan bantuan lainnya. Demikian disampaikan Presiden Tiongkok Xi Jinping dalam percakapan via telepon dengan Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte pada Senin (16/3) malam.

Dalam pembicaraan itu, Presiden Xi menekankan bahwa baik Tiongkok maupun Italia telah mengalami ujian berat epidemi virus corona (COVID-19) baru-baru ini.

"Setelah berbulan-bulan kerja keras, upaya pencegahan dan pengendalian epidemi Tiongkok telah menunjukkan perubahan positif dan membuat kemajuan besar untuk tahap saat ini," kata Xi, seraya menambahkan bahwa pemulihan pembangunan ekonomi dan sosial juga telah dipercepat pada saat yang sama.

Tiongkok akan bertindak dengan hati-hati dari awal hingga akhir dan mengusahakan kemenangan sedini mungkin dan sepenuhnya melawan epidemi ini, sehingga dapat memberikan keyakinan kepada negara-negara lain dalam upaya pencegahan dan pengendalian mereka.

Memperhatikan bahwa pemerintah Italia telah mengambil serangkaian langkah pencegahan dan pengendalian yang tegas dalam menanggapi epidemi ini, Xi mengatakan bahwa Tiongkok dengan tegas mendukung Italia dan memiliki keyakinan penuh terhadap kemenangan Italia melawan epidemi tersebut.

"Tiongkok memahami keprihatinan mendesak Italia, dan akan mengirim lebih banyak ahli medis ke Italia serta berusaha semaksimal mungkin menyediakan pasokan medis dan bantuan lainnya," ujar Xi.

Xi menambahkan, Tiongkok bersedia bekerja sama dengan Italia untuk berkontribusi pada kerja sama internasional dalam memerangi epidemi dan pembangunan Jalur Sutra Kesehatan.

Dia menyatakan keyakinan bahwa melalui perjuangan bersama melawan epidemi ini, persahabatan dan rasa saling percaya yang telah terjalin lama antara kedua negara akan semakin mendalam, dan kerja sama bilateral di segala bidang akan menikmati prospek yang lebih luas.

Tiongkok akan mengirim lebih banyak ahli medis ke Italia serta berusaha semaksimal mungkin menyediakan pasokan medis dan bantuan lainnya

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News