Tiongkok Jamin Proyek Listrik Nasional

Kredit Tetap Lancar, Pembangkit 10 Ribu MW Tak Terganggu

Tiongkok Jamin Proyek Listrik Nasional
Presiden SBY mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden RRT Hu Jintao,di Great Hall The People Beijing, China, Kamis (23/10) pagi. Kedua pemimpin sepakat meningkatkan strategic partenrship. Foto; ABROR RIZKI / RUMGAPRES
BEIJING – Krisis finansial dunia tak mengurangi minat Tiongkok untuk berinvestasi di bidang energi dan infrastruktur di Indonesia. Presiden Tiongkok Hu Jintao kemarin menjamin pemerintahnya tidak akan mengurangi kredit untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur di Indonesia. Termasuk, proyek percepatan pembangunan kelistrikan 10 ribu MW.

Penegasan tersebut disampaikan Presiden Hu Jintao dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Great Hall of The People, Beijing, Kamis (23/10). Pertemuan juga dihadiri sejumlah menteri. Di antaranya, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Menkes Siti Fadilah Supari, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menteri Lingkungan Hidup Rahmat Witoelar, Kepala Badan Intelijen Negara Syamsir Siregar, dan Menseskab Sudi Silalahi.

’’Presiden Hu Jintao menekankan, walau ada krisis finansial dunia, kerja sama ekonomi dan loan Tiongkok untuk Indonesia akan terus diberikan,’’ ujar Juru Bicara Kepresidenan Dino Patti Djalal setelah pertemuan. ’’Presiden Hu juga menegaskan dalam situasi dunia yang kering kredit, Tiongkok akan terus bekerja sama dalam proyek-proyek infrastruktur, energi, dan kelistrikan, termasuk proyek listrik 10 ribu megawatt,’’ sambungnya.

Dalam pembicaraan selama 30 menit tersebut, Presiden SBY mengucapkan selamat pada Pemerintah Tiongkok atas keberhasilan penyelenggaraan Olimpiade Beijing 2008 dan program ruang angkasa. Presiden SBY juga meminta hubungan strategis kedua negara ditingkatkan, terutama dalam proyek-proyek energi dan infrastruktur.

BEIJING – Krisis finansial dunia tak mengurangi minat Tiongkok untuk berinvestasi di bidang energi dan infrastruktur di Indonesia. Presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News