Tiongkok Mulai Menyalahkan Amerika atas Kerusuhan Hong Kong

Tiongkok Mulai Menyalahkan Amerika atas Kerusuhan Hong Kong
Demonstran berhasil membobol gedung Parlemen Hong Kong, Senin (1/7). Foto: Reuters

jpnn.com, BEIJING - Kantor Komisaris Departemen Luar Negeri Tiongkok di Wilayah Administrasi Khusus Hong Kong (HKSAR) mengecam pernyataan Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi dan anggota parlemen lainnya tentang kerusuhan di Hong Kong, Kamis (15/8). Para politikus Negeri Paman Sam itu dinilai membuat komentar yang tidak sesuai dengan fakta dan provokatif.

"Distorsi realitas, ketaatan buta terhadap standar ganda oleh politisi Amerika sudah dekat dengan histeria," begitu bunyi pernyataan tersebut seperti dimuat Russia Today.

"Mereka bersekongkol dengan unsur-unsur kriminal radikal dan terlibat dalam kasus-kasus kriminal anti-Tiongkok di Hong Kong," sambungnya.

BACA JUGA: Pasukan Tiongkok Tiba di Shenzen, Siap Masuk Hong Kong

Sebelumnya, anggota Komite Urusan Luar Negeri DPR Amerika Serikat mengeluarkan pernyataan yang memperingatkan Tiongkok bahwa setiap kekerasan yang digunakan terhadap demonstran damai di Hong Kong akan menjadi sebuah kesalahan dan akan mendapatkan kecaman global.

Tiongkok sendiri kerap menuduh Amerika Serikat memainkan peran aktif dalam demonstrasi yang mengguncang Hong Kong sejak Maret lalu.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok awal pekan ini menegaskan bahwa Amerika Serikat tidak boleh menempelkan urusan mereka dalam situasi tersebut serta dan bersikeras bahwa Hong Kong adalah wilayah Tiongkok. (rmol/jpnn)


Tiongkok menuduh Amerika Serikat berkolaborasi dengan para ekstrimis untuk merusak stabilitas di Hong Kong


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News