Tiongkok Siap Alih Teknologi Karya SMK

Tiongkok Siap Alih Teknologi Karya SMK
Tiongkok Siap Alih Teknologi Karya SMK
JAKARTA— Direktur Pembinaan Sekolan Menengah Kejuruan (SMK), Joko Sutrisno mengatakan ada perusahaan Tiongkok yang bersedia menggandeng sekolah menengah kejuruan (SMK) di Indonesia untuk melakukan alih teknologi.

"Kabar terakhir yang saya dapat adalah bahwa Tiongkok  ingin melakukan alih teknologi dan co branding untuk beragam produk rakitan berlabel Esemka," ujar Joko kepada wartawan di Gedung Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) di Jakarta, Senin (17/5).

Ditambahkan, dalam ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK yang telah digelar juga menampilkan beberapa produk-produk Cina seperti Jinbei yang mengajarkan siswa SMK merakit beragam komponen. “Produk Tiongkok mendominasi hasil karya SMK karena mereka lebih terbuka untuk transfer ilmu,” imbuhnya.

Ketika disinggung soal kepedulian kalangan industri asal Jepang dan Eropa terhadap hasil produk SMK ini, Joko menjelaskan  bahwa hal itu sangat sulit dilakukan karena industri otomotif Jepang dan Eropa umumnya tak bersedia mentransfer ilmu dan teknologi dengan siswa SMA.

JAKARTA— Direktur Pembinaan Sekolan Menengah Kejuruan (SMK), Joko Sutrisno mengatakan ada perusahaan Tiongkok yang bersedia menggandeng sekolah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News