Tiongkok Siap Bantu WHO Usut Asal Usul COVID-19

Tiongkok Siap Bantu WHO Usut Asal Usul COVID-19
Logo Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Foto: who.int

jpnn.com, BEIJING - Tiongkok siap untuk terus memperkuat kerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam memajukan pelacakan asal-usul COVID-19 global, ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin dalam konferensi pers harian pada Jumat (18/12).

Wang menyampaikan pernyataan itu saat menanggapi pertanyaan terkait seorang pejabat WHO yang dikabarkan mengatakan bahwa tim investigasi internasional pimpinan organisasi itu akan mengunjungi Tiongkok pada awal Januari mendatang.

Diungkapkan Wang, pelacakan asal-usul virus tersebut merupakan proses berkembang yang mungkin melibatkan banyak negara dan tempat.

"Baru-baru ini, kami membaca banyak laporan tentang penyebaran virus itu di banyak tempat di seluruh dunia tahun lalu. Hal itu kembali membuktikan bahwa melacak asal-usul coronavirusbaru adalah tugas ilmiah yang harus dilakukan dengan sangat serius. Hal tersebut (juga) menyerukan para ilmuwan untuk melakukan penyelidikan dan penelitian di seluruh dunia," ujar Wang.

Wang memaparkan sejak merebaknya wabah COVID-19, Tiongkok telah memimpin upaya kerja sama dengan WHO dalam melacak asal-usul coronavirusbaru dengan sikap terbuka, transparan, dan bertanggung jawab. Kedua pihak juga terus memajukan kerja sama, serta menjalin komunikasi dengan erat terkait kerja sama itu dan rencana kerja yang berkenaan dengan kemajuan pelacakan asal-usul virus tersebut.

"Kami berharap negara-negara relevan akan melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan Tiongkok dan aktif bekerja sama dengan WHO sehingga kita dapat mencegah terjadinya krisis kesehatan masyarakat serupa secara lebih baik, dan lebih siap menghadapi krisis yang sama saat hal itu terjadi," imbuhnya. (xinhua/ant/dil/jpnn)

Tiongkok siap untuk terus memperkuat kerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam memajukan pelacakan asal-usul COVID-19


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News