Tip Puasa untuk Para Penderita Diabetes

Tip Puasa untuk Para Penderita Diabetes
Diabetes. Ilustrasi. Foto Healthaim

jpnn.com - PUASA menjadi kewajiban umat muslim di bulan Ramadan. Namun, puasa bisa memiliki komplikasi kesehatan yang serius pada orang yang menderita diabetes atau masalah insulin lainnya.

Sebagian besar pasien diabetes disarankan untuk tidak berpuasa selama Ramadan. Terutama karena periode puasa bisa dengan mudah diperpanjang dari 12 hingga 16 jam setiap hari (tergantung di mana Anda berada).

Berbuka puasa juga menjadi masalah, karena reaksi tubuh terhadap aliran gula dan makanan yang tiba-tiba bisa memengaruhi kadar insulin Anda secara drastis.

BACA JUGA : Sering Kelelahan, Selalu Pertanda Gejala Diabetes?

Jika Anda memilih untuk berpuasa saat Ramadan, maka harus berkonsultasi dengan dokter dulu untuk memastikan bisa merawat diri sendiri dan kesehatan secara memadai.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin memberikan jalan cepat untuk berpuasa. Ini selalu termasuk peringatan tertentu untuk memastikan tidak ada komplikasi kesehatan yang muncul sebelum, selama, dan setelah puasa.

Menurut Diabetes UK, sebuah komunitas pendukung kesehatan yang berbasis di Inggris, komplikasi utama yang bisa timbul jika seseorang dengan diabetes berpuasa untuk waktu yang lama adalah dehidrasi dan hipoglikemia.

BACA JUGA : 4 Jenis Makanan Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Berbuka puasa juga menjadi masalah karena reaksi tubuh terhadap aliran gula dan makanan yang tiba-tiba bisa memengaruhi kadar insulin penderita diabetes secara drastis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News