4 Jenis Makanan Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

4 Jenis Makanan Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes
Ikan yang dijual di swalayan. Foto Yessy Artada

jpnn.com - Memilih makanan bukanlah perkara mudah bagi penderita diabetes. Di satu sisi, makanan merupakan hal yang esensial agar mendapatkan cukup energi untuk beraktivitas.

Tetapi di sisi lain, jenis dan porsi makanan yang tidak tepat dapat menyebabkan gula darah melonjak tinggi, sehingga diabetes mellitus sulit dikontrol.

Meski begitu, momen makan harus tetap menjadi saat yang dinikmati oleh para diabetesi (sebutan untuk penderita diabetes).

Studi menemukan bahwa penderita diabetes yang makan dengan suasana hati gembira dan tenang cenderung lebih cepat kenyang dan terkontrol porsi makannya.

Selain itu, yang tak kalah penting, diabetesi juga perlu tahu jenis makanan apa yang baik untuk dikonsumsi.

Makanan yang mampu membantu meningkatkan insulin dan menjaga gula darah tetap stabil amat dianjurkan untuk menjadi menu sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dianjurkan:

1. Sayuran non-tepung

Terdapat dua jenis sayuran, yaitu sayuran bertepung (starchy vegetables) dan sayuran non-tepung (non-starchy vegetables).

Tak hanya diabetesi, orang sehat yang tak menderita diabetes juga dianjurkan mengonsumsi jenis makanan tersebut agar kadar gula darahnya terjaga dengan baik.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News