Tips Berpuasa bagi Penderita Diabetes, Hipertensi, dan Jantung

Tips Berpuasa bagi Penderita Diabetes, Hipertensi, dan Jantung
Tips Berpuasa bagi Penderita Diabetes, Hipertensi, dan Jantung
JAKARTA--Jika Anda penderita Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti diabetes, hipertensi, penyakit  jantung, asma, dan PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik) jangan takut menjalankan ibadah puasa.

Kementerian Kesehatan memiliki tips sendiri untuk penderita PTM. Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes RI, Profesor dr. Tjandra Yoga Aditama. Ia menyampaikan 12 tips agar Anda tetap bugar meski sedang puasa.

Pertama yang harus anda lakukan saat berbuka puasa adalah minum air putih dan makanan manis yang berasal dari buah-buahan, kurma dan lain-lain.

"Kedua, setiap kali berbuka puasa dan sahur, hidangan minimal harus ada salah satu jenis yang berasal dari 4 kelompok makanan yaitu makanan Pokok (beras, jagung, roti, ubi), lauk-pauk (kacang-kacangan, tempe, tahu, ikan, ayam, susu dan hasil olahannya), sayur (semua jenis sayur-sayuran), dan buah (semua jenis buah-buahan)," papar Tjandra dalam keterangan persnya kepada wartawan, Kamis, (18/7).

JAKARTA--Jika Anda penderita Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti diabetes, hipertensi, penyakit  jantung, asma, dan PPOK (Penyakit Paru Obstruktif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News