Pola Asuh Pengaruhi Kemampuan Bicara

Pola Asuh Pengaruhi Kemampuan Bicara
Pola Asuh Pengaruhi Kemampuan Bicara
TIAP orang tua pasti panik jika mendapati buah hatinya tak juga mengucapkan kata-kata saat usianya sudah seharusnya dapat berbicara. Karena itu, ayah dan bunda harus tahu tahap perkembangan anaknya dan pola asuh yang benar.

Dokter Lisna Aniek Farida SpKFR dari Rumah Sakit Husada Utama mengatakan, ada beberapa penyebab kemampuan bicara seorang anak terganggu. Lisna mengungkapkan, gangguan perilaku seperti atensi, konsentrasi, dan emosi dapat mengganggu kemampuan bicara seorang anak. Misalnya, anak hiperaktif dan autis.

Bukan hanya itu, yang mungkin kurang disadari orang tua, pola asuh yang salah juga dapat mengakibatkan anak mengalami gangguan bicara. "Anak yang jarang diberi rangsangan untuk berbicara berpotensi mengalami keterlambatan berbicara," ujar Lisna.

Dia mencontohkan, seorang anak yang sering diasuh di depan televisi dengan tenang dan jarang diajak berbicara akan lebih stagnan dalam merespons sesuatu. Apalagi, jika pengasuhan diserahkan kepada pihak ketiga alias babysitter yang kurang berpengalaman atau kurang telaten mengajak anak berkomunikasi.

TIAP orang tua pasti panik jika mendapati buah hatinya tak juga mengucapkan kata-kata saat usianya sudah seharusnya dapat berbicara. Karena itu,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News