Tips Lepas Ban Biar Pelek Tetap Aman

Tips Lepas Ban Biar Pelek Tetap Aman
Tips Lepas Ban Biar Pelek Tetap Aman. Foto Ototrend/JPNN.com

jpnn.com - Lecetnya lapisan cat atau krom pada tepi pelek emang kerap terjadi pada saat penggantian ban, akibat gesekan besi saat pencongkelan ban yang dilakukan oleh tukang servis.

Kalau diteruskan, praktis tampilan velg jadi hancur, lantaran banyak bagian bekas goresan hingga cuwil.

Maka, untuk menghadapi kondisi demikian ini, disarankan bagi otomania untuk lebih memperhatikan saat proses pelepasan ban dari pelek.

Sebaiknya sarankan kepada tukang tersebut untuk menggunakan bahan lunak seperti ban dalam bekas atau botol oli bekas yang dipotong menjadi lembaran kecil, yang nantinya berfungsi sebagai tumpuan besi pencongkel, agar tidak bersentuhan langsung dengan pelek. Berlaku juga buat pelek modis yang kelar dicat, jadi bisa terhindarkan dari lecet.

Caranya pun cukup mudah. Letakkan lembaran plastik diantara pelek dan ban, lalu masukkan besi pencongkel di samping lembaran plastik sehingga pencongkel nantinya akan bersentuhan langsung dengan ban dan tidak bersentuhan dengan pelek secara langsung. Dengan begitu, proses melepas ban tidak akan bikin lecet pelek. (kih/ototrend/jpnn)

 


Lecetnya lapisan cat atau krom pada tepi pelek emang kerap terjadi pada saat penggantian ban, akibat gesekan besi saat pencongkelan ban yang dilakukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News