JPNN.com

Tips Mendikbud Nadiem Makarim untuk Guru agar Siswa Nyaman Belajar dari Rumah

Minggu, 03 Mei 2020 – 11:36 WIB
Tips Mendikbud Nadiem Makarim untuk Guru agar Siswa Nyaman Belajar dari Rumah - JPNN.com
Mendikbud Nadiem Makarim. Ilustrasi Foto: Humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini sangat berbeda dengan sebelumnya. Semuanya dilakukan secara virtual.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim pada puncak peringatan Hardiknas 2020 dengan tema "Hari Pendidikan Nasional Belajar dari COVID-19" yang disiarkan langsung di TVRI, memberikan banyak arahan bagi para guru dan orang tua dalam menjalankan belajar dari rumah.

Mendikbud Nadiem meminta guru dan orang tua berkolaborasi menciptakan pembelajaran dari rumah yang menyenangkan bagi siswa.

Mendikbud membagi tips bagi para guru agar bisa menciptakan pembelajaran daring yang menyenangkan bagi siswa. Ada 7 tips yang dibagi Mendikbud Nadiem, yaitu:

Pertama, jangan stres. Menurut Mendikbud Nadiem ini adalah masa adaptasi, pasti tidak mudah, penuh dengan kebingungan, ketidakpastian. Ini normal. Jadi jangan khawatir tetapi yakini bahwa cara terbaik untuk belajar suatu hal baru adalah keluar dari zona nyaman tersebut.

Dan, itu satu-satunya cara untuk memperbaiki diri. Jadi walaupun banyak guru, orang tua, ataupun murid yang masih asing dengan teknologi misalnya, tidak apa-apa. Itu perasaan yang normal tetapi yang penting kita setiap hari mencoba untuk mempelajari bagaimana metode terbaik. Sebab tidak ada satu jalan untuk menemukan cara paling tepat.

Kedua, cobalah membagi kelas menjadi kelompok yang lebih kecil. Ini mungkin menjadi sesuatu yang baru bagi guru-guru. Namun, ini saatnya kita mencoba hal baru. Janganlah takut bereksperimen dengan cara-cara baru. Ini adalah kesempatan kita untuk berinovasi.

Banyak pengajar sekarang sebatas memberikan materi/tugas lalu hasilnya dievaluasi. Ini memang wajar dalam situasi sulit seperti ini, pasti banyak yang main aman saja, memberikan tugas secara tertulis.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo