JPNN.com

Tips Mengatasi Mata Kering

Kamis, 05 Januari 2017 – 18:08 WIB Tips Mengatasi Mata Kering - JPNN.com

Duduk berjam-jam di depan komputer atau laptop membuat mata terasa kering dan perih.

Sindrom mata kering atau juga dikenal dengan sindrom air mata disfungsional ini merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika mata tidak bisa menghasilkan banyak air mata untuk tetap melumasi mata.

Bahkan, meski jumlah produksi air mata masih sama, kualitasnya sangatlah buruk dan lebih cepat menguap.

Berikut cara alami mengatasi mata kering, seperti dilansir laman Health, Rabu (4/1).

1. Pertimbangkan obat Anda.

Seringkali mata kering efek samping dari obat-obatan, mulai dari meds alergi (termasuk tetes mata antihistamin) hingga obat penghilang rasa sakit untuk obat tekanan darah.

Ketika Anda mencari pengobatan untuk gejala mata Anda, beritahu dokter Anda tentang obat-obatan lain yang Anda konsumsi. Dokter Anda bisa memberitahu Anda jika salah satu obat-obatan Anda akan memicu mata kering.

2. Coba OTC tetes mata

Baris pertama pengobatan untuk mata kering adalah tetes mata yang dikenal sebagai air mata buatan yang tersedia dalam bentuk over-the-counter. OTC bisa sangat membantu jika Anda mengalami mata kering ringan atau jika gejala hanya muncul sekali-sekali.

3. Cuci kelopak mata Anda

Mencuci kelopak mata Anda secara teratur dan menggunakan kain lap hangat sebagai kompres bisa membantu menjaga peradangan di bawah kontrol dan memulihkan aliran minyak ke mata. Minyak (meiburm) adalah komponen penting dari air mata dan diproduksi oleh kelenjar meibom yang ditemukan di tepi mata dekat garis bulu mata Anda.

4. Memakai lensa kontak terapi

Meskipun lensa kontak biasa sebenarnya bisa menyebabkan mata kering, namun jika digunakan dalam jangka panjang, lensa kontak khusus yang disebut lensa scleral atau lensa perban ini bisa memperbaiki masalah dengan melindungi permukaan mata dan menjaga kelembabannya.

5. Mengonsumsi lebih banyak omega-3

Menambahkan lebih banyak omega-3 asam lemak ke dalam diet Anda juga bisa membantu mengatasi mata kering. Sumber makanan omega-3 termasuk salmon, sarden, tuna, kenari, dan biji rami.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...