Kamis, 13 Desember 2018 – 06:09 WIB

Tips Minum Obat Diabetes Saat Puasa

Rabu, 16 Mei 2018 – 04:18 WIB
Tips Minum Obat Diabetes Saat Puasa - JPNN.COM

Obat antibiotik. Foto: Yahoo.com

jpnn.com - Bulan suci Ramadan telah tiba! Seluruh umat Muslim bersuka cita dalam menyambut dan menjalankan ibadah puasa.

Bagi penderita diabetes mellitus, Anda tak perlu khawatir, karena tetap bisa berpuasa asalkan mematuhi beberapa aturan. Salah satunya aturan dalam minum obat.

Tak sedikit penderita diabetes yang bertanya-tanya, kapan waktu minum obat yang tepat saat puasa, apalagi mereka tidak bisa melewatkan obat dalam kesehariannya. Seperti diketahui, penderita diabetes harus mengonsumsi obat selama hidupnya. Hal ini juga berlaku saat sedang melakukan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Ada aturan yang harus dipatuhi dalam mengonsumsi obat diabetes saat puasa, dan tiap aturan berbeda-beda tergantung jenis obatnya. Ada beberapa jenis obat atau terapi diabetes yang sering digunakan oleh penderita diabetes di Indonesia, antara lain:

1. Obat golongan biguanid.

Obat golongan biguanid yang sering digunakan adalah metformin. Metformin umumnya ditujukan untuk penderita diabetes yang mengalami obesitas dan kadar gulanya tidak bisa lagi dikontrol dengan diet dan olahraga teratur.

Metformin dianjurkan untuk dikonsumsi setelah makan. Awal pemberian adalah 1 kali sehari, setelah itu dosis dinaikkan 2 kali sehari yaitu setelah makan pagi dan makan malam. Dosis maksimal adalah 2000 mg per hari atau 4 kali sehari.

Jika Anda terbiasa mengonsumsi obat golongan ini sehari 2 kali, tidak masalah jika Anda ingin puasa. Namun jika Anda mengonsumsinya 3 kali sehari, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter untuk mengubah pemberian obat.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar