Tips Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Pribadi, Perhatikan Hal Ini Agar Badan Tetap Bugar

Tips Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Pribadi, Perhatikan Hal Ini Agar Badan Tetap Bugar
Berikut beberapa tips menghindari kecelakaan di jalan demi keamanan bersama. Berikut ulasannya. Foto: dok Auto200

jpnn.com, JAKARTA - Mudik lebaran merupakan tradisi tahunan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk bertemu sanak saudara di kampung halaman.

Kegiatan mudik lebaran bisa dilakukan menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi.

Namun, mudik lebaran tentu sudah pasti memakan waktu cukup panjang dan melelahkan.

Tentunya, aktivitas tersebut memerlukan kondisi fisik yang prima dan bugar agar bisa melakukan perjalanan. Lantas bagaimana caranya?

Dokter spesialis kedokteran olahraga dr. Michael Triangto, Sp.KO menyarankan agar pemudik melakukan peregangan otot (stretching) di dalam kendaraan selama perjalanan mudik, sehingga tubuh tetap bugar.

"Ada beberapa gerakan baik streching maupun latihan penguatan bisa dilakukan di situ (di dalam kendaraan). Memang terbatas tapi, kan, daripada tidak, masih mending minimalkan," kata Michael yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) saat dihubungi, Jumat (7/4).

Dia menjelaskan peregangan dapat dilakukan dalam posisi duduk, mulai dari peregangan tangan, bahu, punggung, dan pinggang yang masing-masing tahan selama 5 detik.

Peregangan tangan dilakukan dengan cara meluruskan salah satu tangan ke depan. Letakkan jari pada punggung telapak tangan kemudian tahan dan tarik sebentar.

Dokter spesialis kedokteran olahraga dr. Michael Triangto, Sp.KO membeberkan sejumlah tips agar badan tetap bugar saat melakukan perjalanan mudik lebaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News