Tips Redakan Reaksi Pascavaksin Covid-19

Tips Redakan Reaksi Pascavaksin Covid-19
Praktisi kesehatan memberikan saran untuk meredakan gejala ringan pascaimunisasi Covid-19. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Praktisi kesehatan sekaligus relawan Covid-19 dari Universitas Gadjah Mada, dr. Muhamad Fajri Adda'i memberikan saran untuk meredakan gejala ringan pascavaksin Covid-19.

Dia menyebut untuk meredakan gejala seperti demam dia menyarankan banyak minum dan tidak mengenakan pakaian terlalu tebal.

Mengutip Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) dia mengatakan untuk nyeri, bisa melakukan kompres dingin atau menggerakkan lengan yang nyeri.

Bila nyeri tak tertahankan, bisa meminum obat seperti Paracetamol.

"Tetapi, bila masih bisa ditahan, sebaiknya tahan karena obat-obatan anti-inflamasi bisa mempengaruhi respons imun," kata dia.

Menurut Fajri, sebagai salah satu vaksin Covid-19 terbaik (efikasi 94,1 persen), Moderna juga memicu respons tubuh yang cukup kuat sekaligus antibodi tertinggi dibanding vaksin lain.

Kemudian, bila ada kecurigaan sesak napas, dada berdebar-debar, nyeri dada sebaiknya konsultasikan ini pada dokter jantung agar Anda segera mendapatkan penanganan.

Selain itu, setelah divaksin lakukan pola hidup sehat, seperti istirahat cukup dan konsumsi makanan serta minuman yang bergizi seimbang, tidak begadang hingga beberapa minggu ke depan, tidak merokok, meminum minuman beralkohol.

Praktisi kesehatan sekaligus relawan Covid-19 dari Universitas Gadjah Mada, dr. Muhamad Fajri Adda'i memberikan saran untuk meredakan gejala ringan pascaimunisasi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News