Tips Terbaik untuk Lansia yang Ingin Menurunkan Berat Badan

Tips Terbaik untuk Lansia yang Ingin Menurunkan Berat Badan
Lansia. Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com, JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, menjaga kebugaran tubuh menjadi lebih sulit. Namun jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Penilitian telah menunjukkan bahwa memang itu lah masalah yang umum dialami pria yang berusia 50 tahun ke atas.

"Seiring bertambahnya usia, metabolisme Anda mulai melambat dan banyak fungsi metabolisme, organ dan penyerapan Anda menjadi sedikit kurang efisien," kata Katherine Tucker, profesor epidemiologi gizi dan direktur Pusat Kesehatan Penduduk di Universitas Massachusetts-Lowell, seperti dilansir laman MSN, Kamis (26/12).

"Itu berarti bahwa jika Anda ingin menurunkan berat badan atau mempertahankan ukuran tubuh saat ini, Anda kini harus bekerja lebih keras, terutama sekarang Anda menjadi lebih mudah lelah," tambah Tucker.

Untungnya, ini bukan akhir dari segalanya dan masih ada beberapa langkah yang bisa membuatnya lebih mudah. Berikut adalah penjelasannya.

1. Fokus pada makanan

Pada usia ini, Anda tidak harus terburu-buru. Anda harus meluangkan waktu dengan beberapa hal, seperti apa yang Anda makan. Makan perlahan dan penuh perhatian bisa membantu upaya penurunan berat badan.

2. Berhenti minum gula

Jauhi soda dan minuman manis lainnya, Mulailah minum lebih banyak air. Paling bagus, air putih biasa.

Para pria di atas usia 50 tahun yang ingin menurunkan berat badan memang harus kerja keras.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News