Titik Balik (Tipping Point)

Titik Balik (Tipping Point)
Titik Balik (Tipping Point)
SETELAH melihat banjir dari prespektif Alkitab, anda tidak bisa berbuat apa-apa kecuali setuju bila warga setempat Jakarta memberitahu anda bahwa kota mereka adalah kota yang terberkati dan juga terkutuk. Pada satu kesempatan ngopi-ngopi di Anomali dan makan malam di Te Sate, teman anda mengatakan: mereka hanya dikepung oleh kombinasi terkutuk yaitu banjir periodik dan kemacetan lalu lintas.

Sebagai orang asing, anda ingin bersikap sopan dan setuju, tapi itu tidak sepenuhnya benar.

Ada beberapa kota di Asia Tenggara, seperti Manila dan Bangkok yang memiliki kemiripan suram dengan Jakarta. Lebih lagi ketiganya harus bertahan pada aspek disfungsional, korupsi dan ketidakkompetenan sebuah kepemimpinan yang telah menyisakan rasa prihatin yang tak terhingga akibat dari perubahan iklim, penggundulan hutan yang merajalela dan pembangunan gedung yang gila-gilaan.

Malah, ketika anda mengunjungi Bangkok dan melihat kemegahan jalan tol layang di Bangkok garapan Gordon Wu yang belum selesai dibangun dan sistem perkeretaapian yang melalui ibukota Thailand, monorel Jakarta yang lama terhenti untuk dibangun kelihatan cukup lemah dan sederhana untuk  diperbandingkan!

SETELAH melihat banjir dari prespektif Alkitab, anda tidak bisa berbuat apa-apa kecuali setuju bila warga setempat Jakarta memberitahu anda bahwa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News