Tito Vilanova, Awal dan Akhir Karirnya untuk Barcelona

Tito Vilanova, Awal dan Akhir Karirnya untuk Barcelona
Tito Vilanova memeluk Lionel Messi. Foto: FC Barcelona

jpnn.com - BARCELONA - Tito Vilanova memang hanya setahun menjabat sebagai pelatih kepala di Barcelona. Namun kenangan atas Tito masih terasa membekas di hati pemain-pemain Barca.

Maklum, sebelum menjadi pelatih Barcelona, Tito juga pernah menjabat sebagai Asiten Pelatih dalam kurun waktu 2008-2012. Tito juga pernah menjadi Asisten pelatih untuk Barcelona B pada musim 2007-2008.

NamunNamun jauh sebelum menjadi pelatih, Tito sudah sangat akrab dengan Barcelona. Itu karena Tito memulai karir sepakbola mudanya di Barcelona, yakni pada kurun waktu 1984-1988.

Setelah itu, Tito yang berposisi sebagai gelandang sempat bermain dua musim untuk Barcelona B, yaitu untuk musim 1988-1989 dan 1989-1990.

Namun setelah itu, Tito tidak pernah lagi menjadi pemain Barcelona. Pria kelahiran Bellcaire, Spanyol itu berpetualang ke tujuh klub. Hingga akhirnya merasakan menjadi pelatih untuk pertama kali di klub Palafrugell.

Segenap penggawa Barcelona pun dirundung kesedihan. Pasalnya, mereka pernah ditangani pria yang meninggal dunia dalam usia 45 tahun itu. Lionel Messi adalah salah satu pemain yang sangat berduka.

"Tito adalah sosok yang sulit dilupakan. Kami akan selalu mengenangnya. Cinta saya untuk semua keluarga Tito," terang Messi di laman Football Espana, Sabtu (26/4).

Gelandang jenius Andres Iniesta juga tak bisa menyembunyikan kesedihannya. Bagi pilar timnas Spanyol itu, Tito merupakan contoh dari kerja keras, kesederhanaan dan kecerdasan.

BARCELONA - Tito Vilanova memang hanya setahun menjabat sebagai pelatih kepala di Barcelona. Namun kenangan atas Tito masih terasa membekas di hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News