Jumat, 24 Mei 2019 – 05:55 WIB

Tjahjo Dukung Program Bela Negara Yang Digagas Kemenhan

Sabtu, 17 Oktober 2015 – 02:20 WIB
Tjahjo Dukung Program Bela Negara Yang Digagas Kemenhan - JPNN.COM

Mendagri Tjahjo Kumolo. FOTO: DOK.JPNN.com

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, Kementerian Pertahanan telah menyatakan bersedia melatih jajaran pemerintah daerah (Pemda) seluruh Indonesia, untuk diberikan pemahaman terkait wawasan kebangsaan nilai-nilai Pancasila.

“Kemendagri dan Kemenhan pernah mengadakan pertemuan dan dihadiri asosiasi kepala daerah se-Indonesia yang pada prinsipnya Kemenhan akan melatih jajaran pemda,” ujar Tjahjo, Jumat (16/10).

Menurut Tjahjo, pelatihan sangat diperlukan, sehingga jajaran pemerintahan daerah memiliki pemahaman yang sama dan dapat mengajak masyarakat bagaimana membangun kebangsaan yang hakiki sesuai nilai-nilai Pancasila.

“Kemendagri melalui Kepala Sospol Provinsi dan kabupaten/kota juga akan menyelenggarakan pendidikan pemahaman wawasan kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila. Pemahaman ini penting bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk lebih memahami dan berpikir komprehensif tentang makna kebangsaan,” ujar Tjahjo.

Mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini mengatakan, pemahaman nilai-nilai kebangsaan dan Pancasila, bagian dari pemahaman bela negara.

“Jadi intinya Kemendagri mendukung program Kementerian Pertahanan (melaksanakan program bela negara, red),” ujar Tjahjo.

Sebelumnya, Kementerian Ketahanan diketahui tengah merealisasikan gerakan nasional Bela Negara. Hal tersebut dibuktikan melalui program pendidikan bagi pelatih gerakan ini di 45 Kabupaten di Indonesia, yang akan dimulai 19 Oktober mendatang.(gir/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar