Tjahjo Kumolo: Pak Ganjar sudah Memberi Contoh, Kepala Daerah Lain Harus Mengikutinya

Tjahjo Kumolo: Pak Ganjar sudah Memberi Contoh, Kepala Daerah Lain Harus Mengikutinya
Gubernur Ganjar Pranowo dan MenPAN dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo. Foto: IG Ganjar

jpnn.com, SALATIGA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Menpan RB Tjahjo Kumolo meresmikan Mall Pelayanan Publik Kota Salatiga, Jumat (19/3).

Ini kali ketujuh Ganjar meresmikan tempat pelayanan publik terpadu itu. Sebelumnya, dia meresmikan di Banyumas, Batang, Kebumen, Jepara, Surakarta, dan Pati.

Dalam kesempatan itu, Ganjar meminta seluruh daerah di Jawa Tengah membuat Mall Pelayanan Publik.

Sebab menurutnya, langkah itu merupakan wujud nyata melayani masyarakat dengan murah, mudah, dan cepat dalam semua hal, termasuk perizinan.

"Mall Pelayanan Publik merupakan wujud nyata mewujudkan reformasi birokrasi. Tujuan negara melayani masyarakat bisa terwujud," kata Ganjar.

Tak hanya itu, Ganjar mendorong semua daerah meningkatkan aplikasi pelayanan publik pada masyarakat. Menurutnya, pandemi menjadi momentum untuk mewujudkan itu.

"Tidak perlu bertemu atau datang ke kantor, pengembangan aplikasi-aplikasi pelayanan publik harus terus didorong," tegasnya.

Dalam hal perizinan, Ganjar meminta semua daerah proaktif jemput bola pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Sebab menurutnya, banyak pelaku UKM yang belum punya legalitas dan belum memahami cara pengurusan izin.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Menpan RB Tjahjo Kumolo mengapresiasi mall pelayanan publik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News