TMP Ajak Kalangan Muda Suarakan Pancasila Lewat Parade Kebinekaan

TMP Ajak Kalangan Muda Suarakan Pancasila Lewat Parade Kebinekaan
Pelepasan peserta Parade Kebinekaan yang digelar Taruna Merah Putih di Majalengka, Jawa Barat, Minggu (23/7). Foto: YSA/RMOL

jpnn.com, MAJALENGKA - Puluhan ribu kalangan muda di Majalengka tumpah ruah dalam Parade Kebinekaan yang diinisiasi Taruna Merah Putih (TMP), Minggu (23/7). Parade untuk menyuarakan pluralisme yang berpusat di Alun-alun Majalengka itu diikuti berbagai elemen dengan latar belakang beragam.

Acara Parade Kebinekaan itu diawali dengan jalan sehat kebangsaan dan kirab budaya. Bupati Majalengka Sutrisno dan Ketua Umum TMP Maruarar Sirait melepas parade di depan Pendopo Kabupaten. Selanjutnya, peserta parade yang bergerak ke Alun-alun Majalengka mengular sepanjang dua kilometer di Jalan Siti Armilah.

Menurut Maruarar, kegiatan itu untuk menggelorakan lagi Pancasila di masyarakat. Tujuannya adalah memupuk dan menjaga semangat persatuan, kebersamaan, perikemanusiaan, keadilan dan keadaban.

"Sila-sila Pancasila itu harus diterapkan pada diri setiap orang. Kita kembali membumikan nilai-nilai Pancasila di Indonesia," kata politikus muda PDI Perjuangan yang akrab disapa dengan panggilan Ara itu.

Parade Kebinekaan TMP di Majalengka itu bukanlah kegiatan pertama. Sebab, organisasi sayap PDIP itu sudah melakukannya di banyak daerah seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Bogor, Subang dan Karawang.

Ara menegaskan, Parade Kebinekaan itu juga untuk menunjukkan ke publik bahwa mayoritas rakyat Indonesia mendukung Pancasila. “Dan kita sangat mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk menindak tegas ormas yang bertentangan atau menentang Pancasila," tegasnya.

Selain itu, TMP melalui Parade Kebinekaan itu juga berupaya menguatkan potensi budaya lokal. Karena itu, TMP dalam Parade Kebinekaan itu tidak hanya menampilkan beragam jenis kesenian, tetapi juga menyediakan stan untuk komunitas seni, industri kreatif dan kuliner.

Ara menegaskan, sejatinya seluruh masyarakat memiliki potensi. Namun, potensi itu memang perlu diasah dan diberdayakan.

Puluhan ribu kalangan muda di Majalengka tumpah ruah dalam Parade Kebinekaan yang diinisiasi Taruna Merah Putih (TMP), Minggu (23/7). Parade untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News