TMSBK Bukittinggi Kedatangan Penghuni Baru

TMSBK Bukittinggi Kedatangan Penghuni Baru
Induk dan anak harimau Sumatera ditempatkan di kandang bersebelahan. Foto: ANTARA/Ira Febrianti

jpnn.com, BUKITTINGGI - Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) Bukittinggi, Sumatera Barat, kedatangan penghuni baru. Sepasang harimau Sumatera (panthera tigris sumatrae) telah lahir dalam kondisi sehat.

Kepala Bidang TMSBK Ikbal mengatakan, sepasang anak harimau itu lahir pada 12 Desember 2019 dari induk bernama Dara Jingga dan jantan Bancah.

"Kelahiran satwa dilindungi itu menambah jumlah harimau Sumatera di TMSBK yaitu lima jantan dan lima betina dan jumlah koleksi satwa lebih dari 500 ekor," kata Ikbal di Bukittinggi, Kamis (30/1).

Induk betina dan anak-anaknya ditempatkan di kandang kecil bersebelahan dengan jantan. Keempatnya tidak dalam satu ruangan kandang untuk menghindari kemungkinan perilaku agresif dari jantan.

Bagi Dara Jingga, kelahiran tersebut merupakan yang keenam kalinya sejak menghuni TMSBK diperkirakan pada 2013 lalu.

"Kalau umur Dara Jingga dan Bancah tidak dapat diperkirakan, karena masuk ke TMSBK sebagai titipan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar. Namun diperkirakan masih di usia produktif," katanya. (antara/jpnn)

Lahirnya sepasang harimau Sumatera maka menambah jumlah satwa dilindungi itu di TMSBK Bukittinggi, yaitu lima jantan dan lima betina.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News