TNI AD Harus Netral, KASAD Perintahkan Pangdam Petakan Kerawanan

TNI AD Harus Netral, KASAD Perintahkan Pangdam Petakan Kerawanan
Kasad Jenderal TNI Agus Subiyanto mewanti-wanti jajarannya tidak bermain politik praktis menjelang Pemilu 2024. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto mewanti-wanti jajarannya tidak bermain politik praktis menjelang Pemilu 2024.

Calon tunggal Panglima TNI itu pun akan menjatuhkan sanksi kepada anggota TNI AD yang ikut berpolitik.

Jenderal Agus menyatakan hal itu saat menghadiri Deklarasi Pemilu Damai 2024 Provinsi Jawa Barat di Islamic Center Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (6/11).

Menurut dia, setiap tentara terikat dengan Pasal 39 UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

“Di situ tertulis TNI tidak boleh berpolitik, dan juga UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (mewajibkan tentara aktif tetap netral). Kita ikuti saja koridor itu,“ ujar Jenderal Agus dalam kegiatan yang diikuti 25 satuan jajaran Kodam III/Siliwangi di Jawa Barat dan Banten secara virtual itu.

Selain itu, abiturien Akmil 1991 tersebut juga mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama menjaga situasi, khususnya dalam menghadapi tahun politik, tetap aman dan damai.

Jenderal Agus menegaskan TNI dan Polri siap mengamankan jalannya Pemilu 2024.

Untuk itu, Jenderal Agus memerintahkan jajarannya memetakan daerah-daerah rawan, sekaligus menyiapkan rencana kontingensinya.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto mewanti-wanti jajarannya tidak bermain politik praktis menjelang Pemilu 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News