TNI AD Siap Gelar Latihan Bersama US Army, Ini Lokasinya

TNI AD Siap Gelar Latihan Bersama US Army, Ini Lokasinya
KASAD Jenderal TNI Andika Prakasa di Mabes TNI AD. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - TNI Angkatan Darat dan Angkatan Darat Amerika Serikat segera menggelar Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield ke-15 pada 2021.

Program latihan bersama ini merupakan gagasan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa untuk memperkuat kerja sama dengan US Army. 

Komandan Kodiklat Angkatan Darat Letjen TNI A.M. Putranto mengatakan, kegiatan latihan bersama Garuda Shield ke-15 tahun 2021 akan berlangsung di tiga titik Daerah Latihan (rahlat).

Pertama, rahlat Pusat Latihan Tempur Baturaja. Kedua rahlat Makalisung dan ketiga rahlat Amborawang yang dilaksanakan secara serentak pada 1 Agustus hingga 14 Agustus 2021.

Putranto pun melaporkan kepada Andika mengenai persiapan yang berjalan lancar serta kerja sama antar satuan TNI AD yang terlibat dalam pelaksanaan Garuda Shield ke-15 Tahun 2021. 

“Khusus untuk Kodam VI, perubahannya sangat signifikan, dari Amborawang termasuk akomodasi sangat baik, dan dari pangdam sudah maksimal untuk membantu. Diharapkan satu minggu sebelumnya sudah bisa selesai,” kata Putranto dalam video YouTube TNI AD. 

Dia menambahkan, kegiatan penyiapan medan latihan secara umum sudah 80 persen karena telah melakukan peninjauan dengan Danpussenif serta unsur-unsur terkait.

Selain itu, dia juga menyampaikan penambahan personel penerjun dari Amerika Serikat yang semula 300 orang menjadi 670 orang. 

Kegiatan latihan bersama TNI AD dan US Army akan berlangsung di tiga titik Daerah Latihan (rahlat).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News