TNI AL Akan Rekrut Nelayan Jadi Intel

TNI AL Akan Rekrut Nelayan Jadi Intel
TNI AL Akan Rekrut Nelayan Jadi Intel
JAKARTA - Mabes TNI AL punya ide baru memberdayakan nelayan untuk kepentingan pertahanan negara. Mereka akan direkrut menjadi informan paling depan bagi satuan-satuan tentara Angkatan Laut. Untuk itu, para pencari ikan itu akan dilatih secara khusus.

"Kami akan berdayakan mereka secara sinergi. Nanti perannya menjadi pemberi informasi atau deteksi dini ancaman bagi TNI AL," ujar Kepala Staf TNI AL Laksamana Agus Suhartono saat menutup Forum Strategi Angkatan Laut di Gedung Seskoal, Cipulir, Jakarta, Rabu (21/4).

Orang nomor satu di korps baju putih itu menjelaskan, peran nelayan itu sebagai komponen cadangan strategis TNI. Selain nelayan, awak-awak kapal komersial, termasuk pengusaha jasa pelayaran akan diberdayakan. "Suatu saat kita akan adakan latihan tempur atau latihan perang di laut dengan mengajak mereka supaya tidak kaget," kata Agus.

Kapal-kapal komersial juga bermanfaat untuk kepentingan tempur laut. "Misalnya, untuk transportasi pasukan itu bisa dibantu mereka. Terutama karena keterbatasan kapal-kapal kita," kata laksamana kelahiran Blitar, Jatim itu.

JAKARTA - Mabes TNI AL punya ide baru memberdayakan nelayan untuk kepentingan pertahanan negara. Mereka akan direkrut menjadi informan paling depan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News