TNI AL Berhasil Selamatkan Korban Kapal Tenggelam di Perairan Tanjung Datuk

TNI AL Berhasil Selamatkan Korban Kapal Tenggelam di Perairan Tanjung Datuk
Prajurit KRI Lepu-861 saat proses menyelamatkan anak buah kapal (ABK) KLM Alinza III yang tenggelam di Perairan Tanjung Datuk, Kepulauan Riau, Sabtu (13/1). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - TNI Angkatan Laut (TNI AL) melalui prajurit KRI Lepu-861 berhasil menyelamatkan anak buah kapal (ABK) KLM Alinza III yang tenggelam di Perairan Tanjung Datuk, Kepulauan Riau, Sabtu (13/1).

KLM Alinza III merupakan jenis kapal kargo yang pada saat itu membawa muatan kelapa jambul sebanyak 172 tons bersama enam ABK. Kapal tersebut bergerak dari Pulau Kijang menuju Batam.

Komandan KRI Lepu-861 Mayor Laut (P) Zul Supri Nazara menjelaskan kronologi kejadian berawal pada tanggal 12 Januari 2024 malam hari, KRI Lepu-861 mendapatkan informasi bahwa ada kapal tenggelam di sekitar Tanjung Datuk dengan jarak sekitar 45 Nm dari KRI Lepu-861.

Menerima informasi tersebut, Mayor Laut (P) Zul Supri Nazara dengan cepat memerintahkan prajurit bergerak menuju lokasi.

Saat itu, tim bergerak cepak untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan dengan kondisi cuaca angin cepat 20 Knot serta arus ombak bergelombang.

Pada tanggal 13 Januari 2024, dini hari, KRI Lepu-861 menemukan lokasi kapal tenggelam yaitu KLM Alinza III dan seluruh ABK berhasil diselamatkan dalam keadaan sehat.

Selanjutnya, KRI Lepu-861 bergerak menuju Pangkalan terdekat yaitu Lanal Tanjung Balai Karimun untuk pemeriksaan kesehatan para ABK.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan dalam merespons cepat informasi yang diterima.

Prajurit KRI Lepu-861 berhasil menyelamatkan anak buah kapal (ABK) KLM Alinza III yang tenggelam di Perairan Tanjung Datuk, Kepulauan Riau, Sabtu (13/1).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News